Automotive

Perkuat Segmen Keluarga Muda, Toyota Perbarui New Calya

Toyota New Calya

Konsumen mobil keluarga di Indonesia terus berkembang sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang juga berevolusi. Alhasil, segmen konsumen baru muncul dengan kebutuhan yang berbeda pula. Kondisi ini mendorong Toyota untuk kembali menghadirkan produk yang sesuai dengan harapan segmen baru tersebut.

Kali ini kebutuhan datang dari segmen keluarga baru yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau. Toyota pun menghadirkan Toyota Calya pada tahun 2016. Tahun ini, mobil berkursi tujuh tersebut mendapat pembaruan.

Sesuai dengan bentuknya yang kompak, mobil ini ditunjang dengan mesin kompak berkode 3NR-VE 1.197 cc 4 silinder bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 kgm pada 4.200 rpm. Aplikasi mesin 4 silinder ini menjanjikan aliran tenaga yang halus dan minim vibrasi via opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Di sisi luar, salah satu bentuk keunggulan mobil ini adalah kabin yang nyaman dan lega. Selain muat untuk tujuh penumpang, Calya menjanjikan bangku baris ketiga pengalaman duduk yang nyaman berkat bubble head lining di bagian atap.

Untuk menjaga kenyamanan, bangku tengah dapat dimaju-mundurkan untuk mendapatkan ruang kaki yang pas. Penumpang belakang dapat naik dengan mudah dengan adanya fitur one touch tumble untuk melipat bangku tengah. Semua didapat tanpa mengurangi porsi bagasi, bahkan penumpang dapat melipat bangku belakang ke depan jika dibutuhkan volume bagasi lebih luas.

Selain itu, Calya juga dilengkapi dengan rear air circulator yang mengalirkan hawa dingin hingga ke kursi ketiga. Fitur modern, seperti Electronic Power Steering (EPS), sensor parkir, power outlet untuk charger ponsel di baris bangku tengah juga dilengkapi.

Dari sisi keamanan, penumpang dilindungi oleh sabuk keselamatan tiga titik di seluruh bangku, dual airbags, dan rem ABS + EBD. Untuk pengaman dari pencurian, remote kunci dilengkapi immobilizer. Termasuk keberadaan stabilizer bar di sistem suspensi yang membuat mobil keluarga ini tidak kehilangan unsur fun to drive.

Untuk harga, Toyota New Calya dibanderol mulai dari Rp 137 jutaan hingga Rp 158,4 juta. Jika dibandingkan dengan varian sebelumnya, New Calya mengalami kenaikan harga sekitar Rp 1,4 juta hingga Rp 2 juta.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X