Finance

PermataBank Digitalisasi Sistem Tabungan Haji

Sumber: Permata Bank

Sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia, peminat ibadah Haji di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan pendaftar kuota haji yang terus bertambah setiap tahunnya. Hingga tahun 2019, pendaftar haji dari Indonesia mencapai lebih dari 700 ribu orang, padahal kuota haji untuk Indonesia stagnan di angka 221 ribu per tahunnya.

Tingginya minat ini menyebabkan semakin lamanya waktu tunggu jemaah haji Indonesia. Sehingga, perlu menabung sejak dini untuk melakukan pendaftaran sejak dini.

Melihat peluang ini, PermataBank meluncurkan PermataTabungan iB Haji, yaitu tabungan haji digital di aplikasi digital banking PermataMobile X. Dijelaskan oleh Herwin Bustaman, Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank, lewat fitur baru ini, nasabah bisa membuka rekening tabungan haji, mengurus pendaftaran haji, dan menabung untuk melunasi tabungan haji secara digital.

“Fitur ini tersambung langsung dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) untuk pembayaran setoran awal untuk pendaftaran ibadah haji,” katanya.

Sementara itu, Herwin juga mengungkapkan bahwa peluncuran fitur ini menjadi salah satu cara PermataBank Syariah dalam mengampanyekan haji muda. Karena waktu tunggunya yang semakin panjang, banyak kasus di mana nasabah tabungan haji tidak jadi berangkat beribadah karena faktor umur dan meninggal dunia. Dengan adanya digitalisasi ini, PermataBank menargetkan agar generasi muda umat muslim menyadari perlunya menabung haji lebih awal.

“Kami juga mendorong orang tua untuk memulai pendaftaran haji untuk anak-anak mereka. Meskipun setoran awal dilakukan oleh orang tua, setoran pelunasan bisa diteruskan oleh anak-anak mereka ketika sudah mampu,” lanjut Herwin.

Uniknya, rekening tabungan haji digital ini memiliki fungsi yang sama dengan rekening reguler. Saat nasabah sudah melunasi setoran awal pendaftaran dan pelunasan biaya ibadah haji, rekening dapat tetap digunakan untuk keperluan menabung.

“Yang perlu digarisbawahi, layanan tabungan dalam fitur ini bebas biaya administrasi. Semoga umat muslim Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk ibadah haji dengan kemudahan yang ditawarkan saat ini,” tutup Herwin.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top