Government & Public Services

Peserta BPJS Kesehatan KC Jakarta Selatan Capai 107%

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Selatan Unting Patri Wicaksono Pribadi

Sebagai salah satu kantor cabang yang berada di wilayah ibukota negara Republik Indonesia, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan terus melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kepesertaan dan pelayanan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS). Upaya mereka pun berbuah capaian peserta JKN-KIS yang sudah menyentuh angka 2.457.669 jiwa (data per 1 November 2019). Angka tersebut sudah melebihi jumlah warga di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan yang mencapai 2.294.779 jiwa atau mencapai 107,10%. Termasuk sumbangan dari karyawan perusahaan yang berdomisili di Jaksel.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan KC Jaksel Unting Patri Wicaksono Pribadi mengatakan pencapaian tersebut adalah hasil dari usaha keras BPJS Kesehatan didukung oleh para pemangku kepentingan dan ditambah oleh tingginya kesadaran masyarakat Jakarta Selatan akan pentingnya jaminan kesehatan. 

“Kami melakukan beberapa inovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendaftarkan kepesertaannya, antara lain dengan menyiapkan banyak pilihan kanal pendaftaran. Kami juga terus mengedukasi masyarakat untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN, karena banyak hal bisa dilakukan termasuk salah satunya mendaftarkan menjadi peserta baru,” ujar Unting.

Aplikasi Mobile JKN sendiri memberikan lima kemudahan kepada peserta, antara lain, kemudahan mendaftar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga. Selain itu, informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dan menyampaikan pengaduan serta permintaan informasi seputar JKN-KIS juga tersedia di aplikasi ini.

“Baru-baru ini, kami juga menyediakan layanan pembayaran iuran melalui Autodebit tanpa rekening bank. Hal ini dapat dilakukan melalui uang elektronik Mobile Cash,” jelas Unting.

Mobile Cash sendiri adalah rekening pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang dikembangkan oleh PT Finnet Indonesia. Caranya, peserta dapat mendaftarkan autodebit iuran cukup dengan menggunakan telepon seluler 2G dan menekan *141*999# (khusus pengguna telkomsel dan indosat) dan memilih menu daftar. 

Setelah mendaftar peserta dapat langsung melakukan pembayaran/pengisian saldo iuran di Kantor Pos, Alfamart, transfer VA BRI, transfer VA Bank Mandiri, jejaring Apotek Sanafarma di seluruh Indonesia dengan menyebutkan nomor peserta dan nomor telepon.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top