Automotive

Piaggio: Aktivitas Marketing BTL Lebih Efektif Dibanding ATL

Jika berbicara mengenai aktivitas marketing, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kanal komunikasi above the line (ATL) dan below the line (BTL). Kanal ATL sering digunakan untuk menjangkau masyarakat luas melalui media-media, seperti TV, radio, billboard, media cetak, film, dan sebagainya.

Sementara, aktivitas BTL umumnya dilakukan dengan cara bersentuhan langsung kepada target konsumen. Bisa melalui sebuah lokakarya, pameran, maupun aktivasi di sebuah pusat perbelanjaan dan mal. Mana yang lebih baik? Tergantung kondisinya.

Bagi merek premium sekelas Piaggio Group, kanal BTL diakui lebih efektif bagi mereka dalam melakukan aktivitas marketing dalam memasarkan empat mereknya. Di bawah PT Piaggio Indonesia (PID), Piaggio Group membawa merek Vespa, Piaggio, MotoGuzzi, dan Aprilia. Ketiga memiliki target pasar yang berbeda.

“Bagi kami, aktivitas BTL lebih efektif dibandingkan ATL karena kami bisa bersentuhan dengan pelanggan. Pelanggan pun bisa merasakan langsung pengalaman yang kami tawarkan, keunggulan produk kami, dan mengenal brand kami lebih dekat,” jelas Igor Panjaitan selaku Sales and Network Development Director PT Piaggio Indonesia.

Seperti yang PID lakukan di Main Atrium Pondok Indah Mall (PIM) 2 pada 25-31 Juli 2016. Di sana, PID membuat pameran produk-produknya, seperti produk baru mereka Piaggio Medley 150 ABS yang mengusung teknologi modern dual channel ABS dan dilengkapi dengan mesin i-get (Italian Green Experience Technology), desain baru Piaggio Liberty 150, dan lini produk lainnya dari keempat merek di atas. Pengunjung pun bisa mencoba motor-motor tersebut.

Kehadiran keempat merek motor unggulan Italia di bawah naungan PID juga hadir dengan beragam promosi. Hanya pada pameran yang bertajuk MotoPlex, PID memberikan voucher aksesori original Moto Guzzi dan Aprilia senilai Rp 30 juta, potongan angsuran hingga Rp 250.000 serta tambahan promosi dan aksesoris untuk setiap pembelian Piaggio Liberty atau Piaggio Medley.

Selain itu, ada juga harga khusus untuk pembelian paket aksesori Vespa yang hemat hingga jutaan rupiah. Para pecinta Vespa lainnya juga bisa mendapatkan potongan harga senilai Rp 2 juta setiap pembelian Vespa GTS dan Vespa LXV. Penyuka skutik klasik juga dimanjakan dengan tambahan windshield dan floormat gratis setiap pembelian Vespa Primavera i-get.

“Anggaran marketing kami untuk kanal atl sangat kecil. Prioritas kami adalah aktivasi seperti MotoPlex ini,” tutup Igor

Editor: Sigit Kurniawan








To Top