Lifestyle

Planetarium Jakarta Dibuka Gratis Selama Oposisi Planet Jupiter

Sumber: 123RF

Dalam pergerakan evolusinya, tata surya memiliki posisi-posisi spesifik dalam jangka waktu tertentu. Ada masa di mana planet-planet berada dalam posisi saling berjauhan, dan ada pula masa di mana planet, matahari, dan bulan-bulannya berada di posisi-posisi saling berdekatan.

Salah satu fenomena yang sedang terjadi sekarang adalah posisi planet Jupiter terhadap bumi. Planet terbesar di tata surya ini berada di posisi terdekatnya dengan bumi sehingga bisa terlihat dengan jelas.

Menyambut fenomena ini, Planetarium dan Observatorium Jakarta secara eksklusif dibuka gratis untuk publik yang ingin melakukan observasi planet Jupiter. Pengunjung bisa datang  dan melakukan pendaftaran di Planetarium Jakarta pada Senin sampai Jumat pukul 18.30 WIB hingga pukul 19.30 WIB. Program ini akan berlangsung pada periode 10-17 Juni 2019.

“Kami menawakan kesempatan bagi publik untuk menyaksikan fenomena langka ini sekaligus mengobservasi planet Jupiter secara langsung,” ujar Eko Wahyu, CEO Divisi Publikasi lewat pernyataan resmi.

Observasi Jupiter merupakan salah satu program edukasi yang dilakukan oleh Planetarium Jakarta. Hal ini juga dilakukan untuk mengundang masyarakat agar mengunjungi wahana ilmu pengetahuan di komplek Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini.

Tidak hanya Jupiter, pengunjung juga bisa melihat planet Saturnus saat melakukan observasi ini. Namun, planet Saturnus hanya bisa dilihat di atas pukul 22.00 WIB.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top