PLN Pulihkan UKM Bali, Beri Pendampingan Warga Pesanggaran

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
01 Juli 2022
marketeers article
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo. (FOTO: Dok PLN)
PT PLN (Persero) menjamin keandalan suplai listrik di Bali yang menjadi lokasi gelaran KTT G20. Namun, sebagai Presidensi G20, Indonesia perlu membuktikan kepada dunia bahwa kini telah bangkit dari pandemi COVID-19.
Oleh karena itu, sebagai perusahaan pelat merah, PLN turut mendukung pengembangan kualitas Usaha Kecil, dan Menengah (UKM). Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo berharap kehadiran event akbar itu menjadi awal kebangkitan Bali, dan PLN akan menjadi bagian penting di dalamnya.
“Kita semua akan menghadapi Presidensi G20, ini sangat penting untuk dunia namun juga tidak kalah penting untuk bali. Seluruh delegasi dari seantero dunia akan hadir di Bali. Momen inilah yang nantinya diharapkan sebagai momen kebangkitan pariwisata Bali,” kata Darmawan dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).
Darmawan menjelaskan, dulu beban puncak di Bali bisa mencapai 1.000 megawatt (MW). Imbas pandemi, beban puncak di Bali merosot sampai 700 MW yang menjadi indikasi perekonomian warga terhambat.
“Karena kami peduli dan akan selalu komit untuk selalu hadir bagi masyarakat, kami sering mengadakan acara di Bali, karena kami ingin menjadi bagian dari kebangkitan Bali,” ujar Darmawan.
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli melalui PT Indonesia Power memberikan bantuan untuk pembangunan Pura Tedung Sari dan Pelinggih Ratu Gede Penyarikan serta bantuan sarana/prasarana di Banjar Pesanggaran.
Selain itu, PLN Grup juga merealisasikan bantuan yang sifatnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti untuk program bantuan Posyandu, program bantuan Jagabaya, program bantuan Sekaa Shanti, program bantuan Sekaa Gong Banjar Pesanggaran, program bantuan bidang perbaikan sarana umum, serta program bantuan koperasi Bina Makmur Abadi.
Sebagai informasi, PLN terus melakukan pembenahan sistem kelistrikan untuk menjamin keandalan penyaluran listrik saat pagelaran internasional KTT G20 yang digelar November tahun ini di Pulau Bali. Didik F Dakhlan, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) mengatakan, PLN sebagai penyedia energi saat KTT G20 melakukan pemeliharaan serta penambahan infrastruktur dari sistem 20 kV hingga sistem 150 kV.
“Event Internasional G20 di Bali tinggal beberapa bulan lagi, kami terus melakukan berbagai persiapan untuk menjaga dan memperbaiki keandalan di sistem Jawa Timur dan juga Bali,” kata Didik.

Related