PLN Siap Dukung Wuling dalam Produksi Mobil Listrik di Indonesia

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
09 Agustus 2022
marketeers article
PLN siap mendukung Wuling dalam memproduksi kendaraan listrik (Sumber: PLN)
Mendukung langkah PT Wuling Motors Indonesia (Wuling) dalam proses produksi mobil listrik di Tanah Air, PT PLN (Persero) akan mempersiapkan dan membangun berbagai infrastruktur pendukung di Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat transisi energi bersih melalui pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 
Dimulainya produksi perdana mobil listrik Wuling Air EV di Cikarang menandai keseriusan pemerintah dan stakeholder terkait dalam upaya akselerasi produksi kendaran listrik dan pengurangan emisi di sektor transportasi. Untuk itu, PLN berupaya mendukung upaya tersebut dengan menciptakan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, khususnya kendaraan listrik berbasis baterai, yang lebih baik.
“Kami akan sangat mendukung langkah Wuling dalam produksi mobil listrik di Indonesia. Kami siap untuk menjalin kolaborasi atau kerja sama strategis dengan menyiapkan infrastruktur pendukung, menjamin keandalan pasokan listrik, hingga memberikan stimulus bagi pengguna kendaraan listrik,” ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis PLN.
Sebagai wujud dukungannya, PLN telah menghadirkan berbagai program untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik. Salah satunya, PLN memberikan harga khusus untuk kepentingan pemasangan baru atau penambahan daya listrik di rumah para pemilik kendaraan listrik. Tak hanya itu, konsumen PLN juga akan mendapatkan diskon pada tarif tenaga listrik sebesar 30% yang berlaku pada pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB atas pemakaian dari home charging.
Pada infrastruktur kendaraan listrik, PLN berupaya mempermudah konsumen untuk melakukan pengisian daya listrik. PLN terus menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Tanah Air. Saat ini, PLN telah menyediakan 142 unit SPKLU di 109 lokasi yang tersebar di Indonesia dan telah siap melayani konsumen dengan jumlah yang akan terus meningkat.
Tidak hanya itu, PLN juga menghadirkan layanan yang mempermudah kepemilikan mobil listrik serta pembangunan SPKLU. PLN telah menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mendukung pembiayaan pembelian kendaraan listrik bagi masyarakat Indonesia serta pembiayaan pembangunan SPKLU bagi para stakeholder terkait.
“PLN sangat serius untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik ini melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Wuling Indonesia. Kami juga akan terus membangun sistem dari hulu ke hilir untuk memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik,” tutur Darmawan.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related