Populix: Produk Perawatan dan Kecantikan Makin Diminati

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
22 September 2022
marketeers article
Sumber: 123RF
Populix baru-baru ini meluncurkan laporan survei berjudul “Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle”. Survei tersebut membahas tentang penggunaan produk kecantikan di kalangan masyarakat Indonesia.
Eileen Kamtawijoyo, Co-Founder dan COO Populix mengatakan kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat diri meningkat. Hal tersebut pun berpengaruh terhadap gaya hidup dan konsumsi masyarakat akan produk perawatan kulit dan kesehatan.
Dalam data Populix, setiap bulannya, delapan dari sepuluh orang Indonesia dapat mengeluarkan Rp 250.000 untuk membeli produk-produk skincare. Selain itu, menjaga dan merawat kulit kini tidak hanya menjadi kebutuhan para perempuan saja, namun juga laki-laki.
“Produk skincare untuk laki-laki semakin lama makin berkembang. Selain itu, produk makeup pun menjadi bagian penting di kalangan para perempuan. Data Populix menunjukkan sebanyak tujuh dari sepuluh perempuan Indonesia berbelanja produk makeup setiap bulannya,” kata Eileen.
Survei Populix sejak bulan September 2021-Juni 2022 menyebutkan sebanyak 77% masyarakat Indonesia rutin berbelanja produk skincare setidaknya sekali dan sebulan. Sebanyak 93% responden rata-rata mengeluarkan Rp 250.000 setiap bulannya. Bahkan, 1% di antara responden mengatakan dapat mengeluarkan biaya hingga Rp750.000 setiap bulannya.
Hal menarik lainnya dari survei Populix ini adalah sebanyak 12% responden melakukan pembelian produk skincare setiap hari. Untuk kanal penjualan online seperti e-commerce digunakan oleh 57% responden demi berbelanja produk skincare. 
Lalu, diikuti dengan toko fisik seperti minimarket sebanyak 18%, supermarket sebanyak 14%, dan hypermarket sebanyak 4%. Terkait dengan brand pilihan masyarakat untuk produk perawatan kulit, survei Populix mengungkapkan Wardah menjadi pilihan utama masyarakat untuk produk face moisturizer dan sunblock cream. 
Selanjutnya, brand Somethinc menjadi pilihan utama untuk produk face serum dan eye cream. Kemudian mereka memilih Garnier untuk produk peel off mask.
Survei Populix untuk produk makeup menunjukkan sebanyak 73% perempuan dapat mengeluarkan Rp 250.000 setiap bulannya untuk berbelanja produk makeup. Sementara itu, 23% perempuan bahkan dapat menghabiskan hingga Rp 750.000. 
Selain itu, sebesar 66% perempuan juga memiliki frekuensi pembelian setidaknya sekali dalam sebulan, dengan 6% di antaranya berbelanja produk makeup setiap hari. Untuk pembeliannya, sebanyak 66% responden membeli produk makeup melalui e-commerce Shopee yang paling banyak digunakan untuk berbelanja dengan persentase 92%, diikuti Tokopedia 43%, dan Lazada 10%. 
Selain itu, sebanyak 12% dari minimarket, 12% supermarket, 3% media sosial, dan 2% hypermarket.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related