Technology

Quipper Buktikan Konsep E-Learning Efektif Bagi Siswa dan Guru

Salah satu industri yang mulai berubah akibat peningkatan ekonomi digital adalah industri pendidikan. Kini marak penggunaan metode belajar online, e-learning, sebagai medium bagi diswa untuk menambah ilmu pengetahuannya.

Quipper sebagai salah satu pemain dalam industri e-learning berupaya mengembangkan layanannya tidak hanya di kalangan siswa, tapi juga kalangan guru. Sebagai contoh, seorang guru muda di SMAN 1 Bali Mandara, I Kadek Darsika Aryanta merupakan salah satu guru pioner di Bali yang menggunakan metode belajar online tersebut. Atas kegigihannya mengaplikasikan metode belajar online, Pak Darsika berkesempatan memberikan pelatihan belajar mengajar online menggunakan Learning Management System (LMS) Quipper School kepada seluruh guru di Provinsi Bali pada 2017.

Guru muda  lulusan Universitas Pendidikan Ganesha yang sudah 8 tahun mengajar Fisika berhasil membuktikan bahwa penggunaan platform Quipper School mampu mengelola kelas hingga memberikan tugas secara digital dengan efektif dan efisien. “Pengelolaan kelas digital melalui Quipper School efektif dalam menjalankan fungsi guru sebagai tenaga pendidik. Proses perhitungan nilai yang biasanya dilakukan secara manual dan menyita waktu kini dapat dilakukan secara otomatis, sehingga guru dapat fokus untuk memaksimalkan waktu untuk pengembangan karakter,” terang I Kadek Darsika.

Siswa pun turut merasakan manfaatnya. Penggunaan Quipper Video, siswa di SMAN 1 Bali Mandara mengalami peningkatan prestasi yang signifikan. Siswa dari sekolah ini berhasil mendapatkan peringkat pertama se-Provinsi Bali untuk rata-rata nilai UN IPS dengan skor 469.66 dan mendapatkan peringkat 5 untuk nilai UN IPA dengan skor 438.11 se-provinsi Bali di tahun ini. Sedangkan menurut data dari Dinas Pendidikan setempat, untuk nilai UN 2019 di Provinsi Bali untuk jurusan IPA rata-rata skornya adalah 334.8 dan IPS 304.6

Sebagai perusahaan edukasi teknologi Quipper berharap semakin banyak guru, sekolah dan siswa yang terbantu untuk mendapatkan akses pendidikan berkualitas. Sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul untuk menghadapi dinamika revolusi industri dan teknologi secara global.

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top