X

Ragu Potong Rambut Pendek, Ini Tipsnya

Sumber: Marketeers

Pernahkah Anda tertarik mengikuti model potongan rambut tertentu? Namun, pada akhirnya batal karena tidak percaya diri juga takut hasilnya tak memuaskan. Hairdresser sekaligus pemilik One Piece Hair Studio Hisato Suzuki punya tips untuk mengatasi keraguan Anda.

1. Pastikan Jenis Rambut Anda

“Manusia punya dua jenis rambut. Pertama tekstur kasar dan yang lainnya halus. Biasanya, tipe halus itu disebut rambut tipis. Padahal sebenarnya, helai-helai rambut yang dimiliki orang itu halus. Sehingga menciptakan ilusi rambut tipis,” jelas Hisato, Senin (01/04/19) di acara Matrix SOCOLOR CULT, Bali.

2. Sesuaikan dengan Bentuk Kepala Bukan Hanya Wajah

Mereka yang memiliki rambut tipe halus tersebut biasanya tidak terlalu percaya diri untuk memiliki rambut pendek. Hal lain yang biasa menjadi alasan orang tidak memotong pendek rambutnya adalah bentuk wajah. Mereka cenderung ingin menutupi bagian wajah tertentu dengan rambut, sehingga rambut panjang menjadi pilihan.

 

 

“Terkadang, yang orang pikirkan saat memotong rambut hanya bagian depan kepala atau wajah. Mereka berusaha menutupi bagian rahang. Namun, melupakan hal penting lainnya yang membuat keseluruhan tatanan rambut apik, yaitu memastikan volume rambut yang sesuai bahkan di bagian belakang kepala,” ujar Hisato.

3. Temui Ahlinya

Pria asal Jepang tersebut menyarankan kepada siapa pun untuk pergi ke salon atau hairdresser. Di salon miliknya sendiri, Hisato mengaku banyak menerima keluhan dari pelanggan yang sebelumnya memilih memangkas rambutnya tanpa konsultasi dengan hairdresser. Mulai dari warna rambut hingga potongan rambut.

“Kami punya perhitungan matematika saat mempertimbangkan kecocokan gaya rambut pelanggan. Itulah yang para hairdresser pelajari saat bersekolah. Saya  juga sangat menyarankan untuk tidak sembarangan mewarnai rambut. Karena, pada dasarnya pewarna rambut merupakan bahan kimia. Dan, hairdresser tahu ukuran yang pas untuk menjauhi risiko, terlebih lagi yang paling parah kanker,” tambah Hisato.

 

Lebih lanjut, ia menambahkan hal penting lainnya ketika ingin memutuskan memotong rambut adalah warna rambut. Bagi Anda yang suka mewarnai rambut, maka perlu memperhatikan jenis rambut. “Jika rambut Anda halus, saya menyarankan warna-warna gelap seperti hitam, biru, dan coklat gelap. Warna-warna itu dapat memberi efek volume pada rambut,” kata Hisato.

Selain menggunakan warna-warna rambut yang sebelumnya telah disebut Hisato. Bermain dengan gradasi warna juga dapat memberikan kamuflase pada rambut agar terlihat tebal. Potongan rambut yang sesuai juga bisa memengaruhi.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top