Automotive

Rahasia Xpander Cross Tak Limbung di Jalan Bergelombang

Setelah meluncur pada pertengahan November 2019, Xpander Cross terus menyita perhatian konsumen Indonesia. Tampilannya yang tangguh menjadi poin tersendiri bagi mobil ini. Bukan hanya tampilan, performa dari kendaraan ini benar-benar terbukti setelah menjajalnya.

Sebagai crossover, Xpander Cross layak untuk penggunaan di berbagai medan. Tidak hanya di jalanan aspal, tapi juga di medan bergelombang. Bahkan, mobil ini memiliki kekuatan torsi yang kuat untuk menanjak di jalanan dengan sudut kemiringan hingga hampir 40 derajat.

Hal ini teruji saat Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar test drive di Bali, 4-6 Februari 2019. Melewati jalur pegunungan ke arah Utara Bali, tepatnya Kabupaten Buleleng  menuju destinasi wisata Danau Tamblingan dan lanjut ke  Kebun Raya Bedugul.

Secara umum, rute ini terbilang sudah halus jalannya. Hanya saja, penuh kelokan dan tanjakan yang tajam. Ada beberapa bagian di rute ini yang jalannya bergelombang, namun semua tipe jalan tersebut bisa dilewati dengan lancar oleh Xpander Cross.

Mitsubishi merancang kendaraan ini sebagai multipurpose vehicle (MPV) yang ber-DNA sport utility vehicle (SUV), sehingga suspensinya dibuat khusus.  Memiliki suspensi yang relatif lebih keras tapi masih bisa ditolerir atau tidak mengurangi kenyamanan.  Selain itu, punya  ground clearance 225mm yang dimiliki Xpander Cross semakin mantap melewati medan yang menantang dan perbukitan serta jalan berkelok

*Sebagai mobil yang bisa digunakan untuk segala medan, tim development Mitsubishi sudah memperhatikan suspensi yang sedikit lebih keras agar tidak limbung di jalan bergelombang. Namun, penumpang tetap tidak kehilangan kenyamanan,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi saat di Nusa Dua, Bali (05/02/2020).

Xpander Cross menggunakan mesin gasoline 1.5 L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) DOHC 16 valve. Mesin 4A91 pada XPANDER CROSS merupakan pembaruan dari seri 49A. Mesin ini punya efisiensi bahan bakar lebih tinggi dan suara mesin lebih halus.

Mesin ini tidak hanya tangguh di jalanan menanjak, tapi juga gesit di jalanan perkotaan. Terlihat, saat melewati wilayah Ubud yang jalannya relatif tidak terlalu lebar dan penuh kendaraan. Xpander Cross bisa melakukan manuever lincah dan menyalip pada posisi ruang jarak yang cukup pendek.

MARKETEERS X








To Top