Finance

Raiz Sasar Milenial Agar Gemar Investasi Reksa Dana

Berdasarkan data OJK per Agustus 2019, jumlah investor reksa dana mencapai angka 1,39 juta investor. Kendati mengalami peningkatan setiap tahunnya, angka ini masih sangat rendah dibandingkan jumlah generasi milenial saat ini. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada 2019 jumlah penduduk usia 20-34 tahun yang merupakan generasi milenial dan sebagian generasi Z kini mencapai lebih dari 60 juta jiwa.

PT Raiz Invest Indonesia (Raiz)meluncurkan platform investasi berbasis aplikasi mobile. Mengusung misi membangun kebiasaan investasi di kalangan milenial, Raiz fokus menyediakan produk reksa dana yang memiliki karakteristik sederhana yang dapat menjadi gerbang awal kebiasaan berinvestasi bagi generasi milenial.

“Kami memulai dengan mengidentifikasi hambatan berinvestasi yang ada di masyarakat, salah satunya adalah pemahaman tentang investasi yang ternyata tidak cukup hanya melalui edukasi dan sosialisasi saja. Tantangan yang nyata ialah bagaimana mengkonversi individu yang sudah di tahap sadar tentang perlunya investasi menjadi berani untuk mencoba dan belajar langsung sembari menggunakan aplikasi ini, atau singkatnya learning by doing,” terang CEO Raiz Invest Indonesia Melinda N. Wiria .

Untuk itu, Raiz menciptakan ekosistem berinvestasi yang sesuai dengan perilaku keuangan serta gaya hidup generasi milenial saat ini, yang umumnya memiliki minat yang tinggi akan pemenuhan gaya hidup dan perencanaan keuangan yang masih belum stabil. Lebih rinci, Raiz  menawarkan platform investasi yang terintegrasi dengan Bank dan uang elektronik yang menjadi sumber penempatan dana maupun moda pembayaran yang kerap digunakan generasi milenial.

Saat ini Raiz sudah menjalin kerja sama dengan CIMB Niaga guna memudahkan user dalam melakukan pemindahan dana secara langsung memanfaatkan layanan internet banking CIMB Clicks. Di samping ekosistem layanan yang diperkuat dengan kehadiran mitra gerbang pembayaran, Raiz terlebih dahulu telah menggandeng Avrist Asset Management sebagai Manajer Investasi yang mengelola reksa dana yang ditawarkan di aplikasi Raiz. Adapun jenis reksa dana yang ditawarkan ialah Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, dan Reksa Dana Indeks Saham (LQ45).

Raiz mengaku model bisnisnya adalah channel pembelian reksa dana. Pada peluncuran ini, Raiz memperkenalkan dua fitur investasi. Fitur pertama adalah Recurring Investment, yaitu metode investasi di mana user dapat melakukan cicilan investasi dalam jumlah dan frekuensi tertentu. Fitur kedua adalah Lump Sum Investment atau investasi seketika, di mana user langsung menginvestasikan dananya dalam jumlah tertentu pada suatu waktu.

“Kami optimis aplikasi Raiz dapat membantu mencetak lebih banyak investor pemula. Kami berharap bisa menargetkan mencapai 40.000 user hingga akhir tahun 2019,” pungkas Melinda.

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X