Career

Rekrut Talenta Sesuai Potensi

SUMBER: 123RF

Talenta dengan keahlian khusus belakangan sangat dibutuhkan meskipun jumlahnya terbatas. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menemukan talenta yang cocok dan sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan. Dengan hanya menilai kandidat hanya berdasarkan pada pengalamannya, hal itu bisa mempersempit peluang dan mengabaikan potensi dari para pelamar kerja.

Selain itu, ada lagi variabel lain yang tidak selalu menjamin kandidat cocok dengan pekerjaan yang ada. Pasalnya, terkadang ada ekspektasi gaji yang lebih tinggi, terutama bagi kandidat yang telah memiliki pengalaman dalam bidang tertentu di organisasi. Namun, di waktu yang sama pengalaman tidak selalu menjamin mereka akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Bisa jadi karena perbedaan budaya dan lingkungan kerja di masing-masing perusahaan. Terkadang orang dengan pengalaman di pekerjaan sejenis pun masih harus beradaptasi. 

Namun, ada cara yang bisa dicoba untuk mencari seseorang untuk suatu posisi dengan tepat. Perekrut harus mencoba mempekerjakan seseorang dengan menilai berdasarkan potensinya. Hal itu akan memungkinkan perusahaan untuk menemukan kandidat secara lebih cepat.

Para kandidat potensial memang tidak dapat langsung bekerja dengan segera setelah direkrut dan mungkin membutuhkan pelatihan serta dukungan tambahan. Tetapi, mereka akan termotivasi untuk melakukan perannya dengan baik pada perusahaan yang memungkinkan mereka untuk berkembang. Misalnya, kandidat dengan potensi yang baik yang memiliki kemampuan belajar yang kuat akan membantu mereka beradaptasi dengan cepat, memiliki rasa ingin tahu yang besar dalam mempelajari hal-hal baru dan  tetap termotivasi dalam jangka waktu yang panjang.

Kandidat yang menunjukkan potensi yang kuat mungkin memiliki kekurangan dalam beberapa persyaratan pekerjaan, keahlian, pengetahuan terhadap industri atau pengalaman dalam suatu peran. Namun, mereka menunjukkan kemauan dan kecakapan belajar yang positif, dan cocok dengan tim Anda. Dengan mempekerjakan kandidat seperti ini dan memberikan mereka dukungan dan pelatihan untuk tumbuh, perusahaan akan menemukan bahwa dalam jangka panjang, mereka mendapatkan karyawan yang tidak hanya terampil, tetapi juga loyal, pandai dan memiliki motivasi yang kuat,” ujar Eric Mary, Country Manager dari Robert Walters Indonesia.

Ketika perusahaan mempekerjakan seseorang dengan latar belakang yang berbeda, perusahaan mungkin dapat membawa perspektif dan ide baru. Dengan memberi mereka kesempatan, mereka dapat membawa serangkaian keterampilan yang dapat ditransfer dengan ide dan cara baru dalam memandang hal-hal yang pada akhirnya dapat membantu membuat perusahaan lebih kuat.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top