Resmi Terjun ke Metaverse, DBS Berkolaborasi dengan The Sandbox

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
13 September 2022
marketeers article
DBS Betterworld, metaverse interaktif yang diluncurkan oleh Bank DBS bekerja sama dengan The Sandbox. | Foto: Bank DBS
DBS Bank Ltd (DBS) mengumumkan kerja sama dengan The Sandbox, perusahaan virtual game untuk menciptakan DBS BetterWorld yang merupakan metaverse interaktif. Peluncuran metaverse ini menunjukkan pandangan Bank BS mengenai pentingnya membangun dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.
Kolaborasi Bank DBS dengan The Sandbox ini juga menandai pencapaian sebagai perusahaan pertama Singapura yang menjalin kerja sama dengan The Sandbox dan bank pertama di Singapura yang terjun ke metaverse.
Ini juga menjadi langkah baru bagi Bank DBS untuk mengeksplorasi potensi peluang Web 3.0 atau internet generasi ketiga.
“Teknologi metaverse yang masih berkembang dapat mengubah cara bank berinteraksi dengan nasabah dan masyarakat. Kemitraan kami dengan The Sandbox dan Animoca Brands menandai awal dari kolaborasi menarik. Kami berupaya melampaui batasan-batasan dari apa yang dapat dilakukan di metaverse,” ujar Piyush Gupta, CEO DBS.
Lebih lanjut, ia menjelaskan Bank DBS berharap dapat memanfaatkan platform inovatif tambahan untuk menyebarkan informasi tentang isu environmental, social, and governance (ESG). Sebastian Paredes, CEO DBS Hong Kong menuturkan metaverse menghadirkan peluang yang menarik untuk memperbarui gaya hidup mulai dari cara bekerja dan berinteraksi dengan sesama.
Sebab itu, Bank DBS mulai menjajaki bidang tersebut dengan sejumlah ahli teknologi muda yang diberi kebebasan untuk mengembangkan konsep eksperimental di metaverse.
“Melalui kolaborasi ini, tercipta juga kesempatan bagi talenta muda untuk terlibat jauh dalam mengembangkan penggunaan teknologi yang lebih menarik dan bermanfaat. Ini memungkinkan kami berkontribusi dalam upaya memelihara talenta di bidang teknologi masa depan,” ucap Sebastian.
Bagi The Sandbox, kerja sama dengan Bank DBS ini merupakan partisipasi yang sangat bermanfaat untuk mendukung mereka menciptakan SingaporeVerse, lingkungan di peta virtual untuk menghidupkan budaya Singapura ke dalam metaverse.
“Kami mengharapkan adanya kolaborasi untuk pengalaman yang mengundang audiens dalam membuat dampak global positif guna menggali potensi kreatif melalui platform kami. Dan, mungkin ke depannya bisa menemukan peluang lain yang dapat mengubah hidup mereka melalui metaverse,” ujar Sebastian Borget, COO dan Co-Founder The Sandbox.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related