Automotive

Review Suzuki SX4 S-Cross: Menjawab Kebutuhan Keluarga Muda

Suzuki SX4 S-Cross @Candi Prambanan, Klaten.

Untuk keluarga baru dengan satu atau dua anak, mobil sudah menjadi kebutuhan. Namun tidak sedikit yang galau menentukan pilihan. Biasanya, mobil tipe multi-purpose vehicle (MPV) menjadi pilihan. Buat Anda yang bosan dengan tampilan kebanyakan MPV, mobil berjenis crossover seperti Suzuki SX4 S-Cross Dengan kapasitas lima kursi, bagasi yang luar dan berbagai fiturnya, SX4 S-Cross menjadi mobil yang mampu menjawab berbagai kebutuhan keluarga muda.

Berkesempatan mencoba SX4 S-Cross hingga 1.000 kilometer lebih melintasi Jakarta-Jogja-Rembang-Semarang-Klaten hingga kembali ke Jakarta, tim Marketeers menemukan beberapa fitur yang cocok untuk para keluarga muda.

Berbicara soal keluarga, penentu keputusan pembelian seringkali melibatkan banyak pihak, baik itu sang suami, istri maupun anak. Hal pertama yang sering dilihat seluruh anggota keluarga adalah soal estetika atau desain. Dari sisi desain, SX4 S-Cross tampil cukup gagah dan modern. Kesan tersebut pertama kali muncul ketika melihat paduan single kidney grille –yang mirip BMW- dengan LED projector headlamp, daytime running light (DRL), dan fog lamp yang berhias chrome bezel.

Ke bagian belakang, Anda yang membutuhkan bagasi luas juga akan terpuaskan. Bagasi Suzuki SX4 S-Cross punya kapasitas 430 liter. Ketika hendak memasuki mobil, Anda akan disapa oleh fitur smart entry yang terdapat pada pintu depan dan pintu bagasi. Fitur ini bisa sangat bermanfaat ketika kita disibukkan dengan bawaan yang banyak hingga tidak bisa meraih kunci mobil. Masuk ke dalam kabin, tampilan sporty dengan berbagai fitur membuat mobil ini terasa cukup nyaman. Selain kursi yang nyaman dan cukup empuk, terdapat beberapa fitur penunjang.

Foto: Marketeers @ Hotel Tentrem Jogja

Misalnya, fitur Auto Climate pada setelan AC yang menyesuaikan suhu yang diinginkan. Begitu juga dengan fitur Auto Headlamp yang mampu menyalakan lampu secara otomatis ketika melewati medan yang minim cahaya. Belum lagi, posisi stir yang bisa diatur ketinggian dan jarak dengan pengemudi melalui fitur Tilt & Telescopic Steering. Untuk penunjang kebutuhan si kecil, fitur keamanan ISOFIX untuk pengait child seat juga telah tersedia.

Performa

Soal performa, paket mesin 1500cc berkode M15A automatic 6 percepatan mampu menjawab kebutuhan perjalanan luar kota. Kemampuan mengeluarkan tenaga maksimum 109 PS di 6.000 rpm dan torsinya 138 Nm di 4.400 rpm ini juga ditunjang dengan stabilitas yang cukup baik. Sepanjang perjalanan tim Marketeers yang beranggotakan dua orang dewasa dan satu anak balita, SX4 S-Cross sangat stabil.

Misalnya saja ketika melaju di jalan tol Cipali, mobil ini sangat nyaman dikendari hingga kecepatan 120 kilometer/jam (kpj). Berbeda ketika diisi penuh empat orang dewasa. Mobil yang sempat dipacu hingga 160 kpj di jalur tol Ngawi ini masih bisa sangat nyaman dikendalikan bahkan para penumpang masih bisa tertidur pulas.

Saat melaju dengan kecepatan konstan, Anda juga bisa menggunakan fitur Cruise Control. Fitur ini memungkinkan mobil melaju tanpa harus menginjak pedal gas oleh pengemudi ketika berada di kecepatan di atas 60 kpj. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengistirahatkan sejenak kaki Anda ketika berada di perjalanan jarak jauh. Hanya saja, Anda harus tetap waspada, khususnya saat melakukan pengereman. Jangan sampai, berbagai kenyamanan di atas, khususnya saat berada di kecepatan tinggi membuat Anda telat melakukan pengereman.

Kenyamanan juga dihadirkan ketika menghadapi jalanan berliku. Ketika menyisir daerah sekitar Gunung Merapi, kami cukup dibuat nyaman dengan tenaga yang dihadirkan oleh SX4 S-Cross. Jalanan berlubang, menanjak dan bergelombang dapat dilalui tanpa menimbulkan kekhawatiran. Untuk konsumsi bahan bakar, perjalanan Jakarta-Jogja yang kami lakukan mencatatkan konsumsi rata-rata sebesar 13,2 kilometer per liter.

Secara keseluruhan, mobil ini banyak menjawab berbagai kebutuhan. Mulai dari desain yang keren, kapasitas kabin yang luas, bagasi besar, fitur modern hingga tenaga yang mumpuni sangat cocok untuk keluarga muda yang gemar berpetualang.

Foto: Marketeers @Hotel Tentrem Jogja

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top