Wisata Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur
Media

Riset: Orang Pindah dari Facebook ke WhatsApp Lantaran Berita

Source: 123rf

Di tengah upaya Facebook yang tengah mengkampanyekan dirinya sebagai platform baru jurnalisme atau berita, justru riset membuktikan bahwa penggunaan Facebook untuk berita menurun. Riset ini, seperti dikutip dari Mashable, dilakukan oleh Institut Reuters untuk Kajian Jurnalisme. Di sisi lain, orang justru berpindah dari Facebook ke aplikasi pesan, khususnya WhatsApp untuk mencari dan berbagi berita.

Data tersebut datang dari riset yang dipimpin oleh YouGov dengan mengambil beberapa sampel penelitian di beberapa negara di dunia. Peneliti ini menemukan bahwa media sosial untuk berita turun enam persen di Amerika Serikat – termasuk turunnya penggunaan Facebook untuk mencari berita yang turun sembilan persen dari tahun 2016 ke 2018 dan turun 20 persen khusus di kalangan muda.

Sementara itu, tren membaca dan berbagi berita di WhatsApp justru naik empat persen dari tahun 2016 ke 2018. Namun, tampaknya kenyataan ini tak merisaukan Facebook. Pasalnya. WhatsApp sendiri merupakan platform pesan yang berada di bawah naungan Facebook.

Bagaimana pendapat Anda?

MARKETEERS X

Most Popular








To Top