Uncategorized

Riset: Transportasi Online Jadi Pilihan Konsumen Urban

Sumber: KKI

Meningkatnya laju urbanisasi diikuti oleh meningkatnya permintaan akan transportasi urban yang layak dan aman. Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) merilis survei bertajuk “Preferensi Konsumen terhadap Layanan Moda Transportasi Darat Urban di Indonesia”. Survei ini menyebutkan transportasi online menjadi pilihan masyarakat urban di Indonesia.

KKI menyebutkan ada empat faktor yang menjadi alasan konsumen memilih moda transportasi. Keempatnya adalah keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan keterjangkauan.

“Seiring dengan tingginya perpindahan penduduk ke wilayah perkotaan, permintaan terhadap hadirnya transportasi yang memadai dan layak. Tanpa adanya layanan ini, masyarakat akan terus menggunakan kendaraan pribadi yang berkontribusi pada tingginya tingkat kemacetan di perkotaan,” jelas David M.L. Tobing, Ketua KKI lewat rilis resminya kepada Marketeers.

Atas dasar inilah, KKI menemukan ada empat moda transportasi yang memenuhi empat faktor pemilihan konsumen terhadap layanan transportasi umum. Keempat moda ini adalah ojek online, taksi online, bus trans, dan KRL. Lebih lanjut, survei ini mencatat 99,7% responden mengaku pernah atau sering menggunakan jasa transportasi online.

Menurut David, moda transportasi urban saat ini semakin baik dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Satu hal yang masih harus terus diperhatikan adalah sistem integrasi yang masih berlubang di beberapa titik. Akibatnya, pengguna moda transportasi urban masih belum merasakan kenyamanan secara penuh.

“Lewat survei ini, kami mendalami pengalaman konsumen dalam memanfaatkan transportasi urban. Pengalaman ini bisa menjadi evaluasi dan rekomendasi bagi para pembuat kebijakan dan pelaku bisnis di sektor transportasi,” tutup David.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top