Automotive

Road Trip, Komunikasi Suzuki Galakkan Tren Eco Driving

All New Ertiga Tripventure

Road trip banyak dipilih masyarakat untuk berekreasi bersama keluarga. Faktor kenyamanan dan efisiensi menjadi penting agar road trip terasa lebih menyenangkan. Kegiatan ini pun digunakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales untuk mengedukasi masyarakat. Suzuki mengajak masyarakat untuk membudayakan kebiasaan eco driving atau berkendara yang ramah lingkungan.

Suzuki pun menggelar program All New Suzuki Tripventure. Di dalam program ini, Suzuki membawa konsep AMIN pada mobilnya. Konsep ini memiliki makna Aman, Mewah, Irit dan Nyaman. Konsep AMIN ini hadir melalui fitur-fitur All New Ertiga yang memberikan pengalaman saat berkendara, baik jarak dekat maupun jauh. Untuk membuktikannya, PT SIS mengajak sejumlah jurnalis melakukan road trip ke Cirebon dalam kegiatan All New Ertiga Tripventure.

“Pada kegiatan All New Ertiga Tripventure ini kami juga ingin mendukung program pemerintah dalam peningkatkan efisiensi energi bahan bakar lewat teknik eco driving,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Perjalanan All New Ertiga Tripventure dimulai dari Pabrik Suzuki Cikarang. Sebelum berangkat, rekan-rekan jurnalis berkesempatan berkeliling pabrik dan mengikuti workshop tentang eco driving. Acara dilanjutkan dengan pelepasan peserta All New Ertiga Tripventure menuju Cirebon dengan mengendarai delapan unit All New Ertiga, yang terdiri dari empat unit All New Ertiga bertransmisi manual dan empat unit All New Ertiga bertransmisi otomatis.

Pada perjalanan ini, Suzuki mengadakan Lomba Ertiga Irit yang mana peserta ditantang untuk mengendarai All New Ertiga, yang bermesin K15B DOHC 1.500 cc, dengan metode Eco Driving untuk mengukur ketepatan waktu dan efisiensi bahan bakar, namun tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Tujuan wisata pertama yang dikunjungi oleh peserta All New Ertiga Tripventure adalah Marina Seafood Restaurant, Cirebon. Untuk menuju destinasi ini, peserta All New Ertiga Tripventure melalui jalur tol Palimanan dengan jarak perjalanan sejauh 172 km.

Setelah menikmati hidangan laut khas Cirebon  serta Lomba Ertiga Irit berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan keraton termegah di Cirebon yang kental akan nilai sejarah.

Lomba Ertiga Irit berakhir di Keraton Kasepuhan. Setelah menempuh perjalanan dari Cikarang hingga Keraton Kasepuhan sejauh 184 km, konsumsi bahan bakar kedelapan mobil peserta All New Ertiga Tripventure dinilai dengan metode full-to-full.  Mobil dengan angka konsumsi bahan bakar paling rendah dinobatkan menjadi juara Lomba Ertiga Irit.

“Kami berharap Suzuki bersama rekan-rekan jurnalis dapat mengedukasi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar tidak terbarukan. Masyarakat juga bisa mengefisiensikan penggunaan bahan bakar terutama untuk mobil-mobil yang sudah dimiliki mereka,” tutup Donny.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top