Technology

Ruangguru Raih Pendanaan Seri C Senilai US$ 150 Juta

Sumber: Ruangguru

Platform belajar daring Ruangguru mengumumkan raihan pendanaan Seri C pada Kamis (26/12/2019). Pendanaan sebesar US$ 150 juta (Rp 2,095 triliun) ini dipimpin oleh General Atlantic yang bergerak di sektor investasi global. Tidak hanya itu, GGV Capital, perusahaan modal ventura yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat juga memegang peranan besar dalam pendanaan kali ini.

Transaksi pendanaan ini menjadi salah satu yang terbesar bagi perusahaan teknologi pendidikan di Asia Tenggara itu. Lewat pendanaan ini, Ruangguru sekaligus mengukuhkan posisinya untuk terus mengembangkan tidak hanya bisnisnya, tapi juga pengaruh teknologi terhadap pendidikan di wilayah Asia Tenggara.

“Kemitraan dengan Genera Atlantic dan GGV Capital ini menjadi motor kami untuk terus mengembangkan perusahaan pendidikan yang memiliki dampak sosial tinggi terhadap masyarakat. Lewat pendanaan ini, Ruangguru akan melakukan pengambangan produk dan layanan teknologi pendidikan di Indonesia dan Vietnam,” Jelas Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.

Dari sisi investor, pendanaan ini menjadi strategi perluasan bisnis untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Managing Director General Atlantic India dan Asia Tenggara Sandeep Naik mengatakan, Ruangguru memiliki model bisnis yang sangat sesuai dengan pasar Indonesia. “Selain itu, pendidikan juga bukan sektor yang asing untuk General Atlantic. Kami pernah bermitra dengan perusahaan pendidikan global seperti Byju’s. Hotmart, Arco, Open Classrooms, dan Little Golden Star,” paparnya.

Dalam pendanaan ini, General Atlantic sekaligus mewujudkan komitmennya untuk mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Ruangguru lewat produknya diyakini dapat mengoptimalkan kegiatan belajar yang holistik dan membantu pelajar di Indonesia menjadi lebih kompetitif secara global.

“Pendidikan berbasis teknologi adalah tesis mendasar untuk mengembangkan industri yang semakin modern saat ini. Latar belakang kami dalam membangun Ruangguru sudah menjadi keunggulan untuk mencapai goal perusahaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi banyak orang. Kucuran dana ini tentu dimanfaatkan sebaik-baiknya, termasuk meningkatkan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu jutaan siswa Indonesia mencapai mimpi mereka,” tutup Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru.

MARKETEERS X








To Top