Finance

Salurkan Pinjaman Hingga Rp 300 Miliar, UangTeman Jaga NPL di Bawah 3%

UangTeman (PT Digital Alpha Indonesia) berhasil mencatatkan pertumbuhan usaha yang signifikan sampai dengan Kuartal III 2018. Tercatat, perusahaan telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 300 miliar atau meningkat lebih dari 300%. Hal ini sejalan dengan tumbuhnya jumlah nasabah baru sebesar enam kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kini, perusahaan telah melayani lebih dari 60 ribu akun nasabah. UangTeman juga dapat menjaga kualitas penyaluran pinjamannya dengan mencatat rasio Non-Performing Loan (NPL) tetap di bawah 3%.

CEO sekaligus Co-Founder UangTeman Aidil Zulkifli mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjaga rasio NPL UangTeman tetap stabil dan dalam batas aman meski penyaluran pinjaman meningkat signifikan.

“Sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial peer-to-peer pinjaman dana multiguna, UangTeman berorientasi untuk memberikan pinjaman yang aman dan bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Aidil melanjutkan, mereka tengah berfokus untuk membangun usaha yang berkesinambungan dengan menerapkan seleksi calon nasabah yang cepat dan akurat sehingga kualitas penyaluran pinjaman merema terus terjaga, meskipun secara kuantitas meningkat tajam.

Berdasarkan portfolio pinjaman, sebesar lebih dari 30% pinjaman ditujukan untuk keperluan pengembangan usaha kecil menengah, sedangkan 25% untuk keperluan darurat terkait pendidikan, 20% untuk keperluan darurat terkait kesehatan dan sisanya lebih ke arah konsumsi.

“UangTeman fokus menyasar segmen ritel, transaksi mikro termasuk para pelaku usaha mikro hingga ke sejumlah daerah di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia sesuai komitmen pemerintah menjadi 75% pada tahun 2019,” tambah Aidil.

Peningkatan Kualitas Pelayanan

Di tengah performanya, UangTeman telah menerapkan standar ISO/IEC 27001 terkait dengan sistem manajemen pengamanan informasi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2016.

“Sertifikasi ISO/IEC 27001 dan sistem yang kami terapkan saat ini merupakan bentuk keseriusan dalam manajemen risiko dan menjaga keamanan data dari setiap pelayanan yang kami berikan kepada pengguna,” kata Chief Technology & Operations Officer (CTOO) UangTeman Sukan Makmuri.

Menurutnya, upaya ini sangat penting untuk memperkuat posisi UangTeman menjadi pemimpin di bisnis peer-to-peer pinjaman dana multiguna sekaligus meningkatkan inklusi keuangan nasional.

UangTeman juga telah menerapkan sejumlah fitur pelayanan, seperti One Tap Pay agar nasabah bisa memilih bank untuk pembayaran pinjaman dengan sekali tap. Ada juga Advance Notification System untuk mengingatkan batas waktu pengembalian pinjaman nasabah, dan DEEP sebagai fitur untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah terhadap produk.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top