Technology

Sambut Tahun Ajaran Baru, Kelas Pintar Luncurkan Sekolah Digital

Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar

Menyambut tahun ajaran baru 2020, Kelas Pintar meluncurkan fitur baru yang memungkinkan aktivitas belajar-mengajar dilakukan secara online tapi dengan pengalaman belajar layaknya di sekolah. Bertajuk “Sekolah”, fitur ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Kelas Pintar mulai tanggal 18 Mei 2020.

“Melalui fitur Sekolah, guru bisa mengajar dengan pengalaman yang sama seperti di ruang kelas. Siswa juga bisa berinteraksi dengan guru sekolahnya, dan sekolah tetap menjadi tempat untuk guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar,” ujar Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar dalam acara virtual konferensi pers, Senin (18/5/2020)

Fitur “Sekolah” ini juga hadir tanpa mengurangi interaksi yang selama ini sudah terbangun antara guru, siswa, orang tua dan pihak sekolah. Melalui fitur ini, pendidikan karakter yang selama ini dilakukan oleh para pengajar di institusi sekolah bisa tetap dilakukan meski tidak dalam satu ruang.

“Fitur Sekolah adalah solusi bagi dunia pendidikan di masa COVID-19. Fitur ini hadir untuk menguatkan peran sekolah, guru, dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa, di kondisi apa pun,” lanjut Uffie.

Fitur ini juga menjadk cara perusahaan mengintegrasikan ekosistem pendidikan ke dalam platform digital tanpa negasi peran stakeholder, karena tujuannya adalah untuk menguatkan ekosistem pendidikan.

Di dalam fitur Sekolah terdapat enam menu turunan yang bisa dimaksimalkan oleh guru, siswa, sekolah, dan juga orang tua dalam proses belajar mengajar. Ke-enam menu tersebut adalah menu Kelas, PR, Project, Tugas, Ujian dan Monitoring

Kelas

Melalui menu Kelas, proses belajar mengajar bisa dilakukan layaknya berada di dalam ruang kelas di sekolah. Proses pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka virtual. Interaksi antara guru dengan para siswa ataupun sebaliknya bisa dilakukan secara realtime

Kelas Pintar juga menyediakan opsi bagi guru untuk merekam materi pembelajaran yang selanjutnya bisa digunakan sebagai referensi bagi para murid untuk pendalaman materi. 

Bagi para siswa, jika belum mengerti tentang materi pelajaran yang diberikan guru dapat langsung bertanya atau sebaliknya, guru bertanya pada muridnya. Guru pun dapat menjelaskan materi pelajaran dengan bantuan virtual whiteboard atau berbagi layar (share screen) pada siswanya. Dengan begitu, guru dapat mengajar lebih optimal dan siswa diharapkan dapat mencerna lebih baik materi yang diajarkan.

PR (Pekerjaan Rumah) 

Menu PR akan sangat membantu bagi para guru untuk memberikan tugas pada siswa dan menerima tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa. Guru maupun siswa dapat langsung mengirim, mengunduh dan mengunggah file dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun doc tanpa perlu mengirimkan dalam bentuk email atau bahkan menggunakan platform lainnya. 

Keunggulan lain dari menu ini adalah kemudahan untuk memantau status pekerjaan rumah dari masing-masing siswa. Selanjutnya guru juga bisa memberikan penilaian dan memberikan penjelasan dari setiap jawaban PR yang diberikan. 

Project

Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning/PBL) atau model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran adalah salah satu model pembelajaran yang dianjurkan kurikulum 2013. Untuk itu, Kelas Pintar menanamkan menu Project yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran berbasis PBL.

Dengan menu ini, guru dan siswa dapat dengan mudah mengirim, mengunduh maupun mengunggah file PBL (pdf, png, jpeg, doc). Guru pun dapat memantau status, memberikan penilaian maupun menjelaskan setiap jawaban PBL siswa terkait project yang diberikan. 

Ujian

Melalui menu Ujian, guru bisa dengan mudah membuat ujian online dan siswa dapat mengerjakan secara langsung soal ujiannya. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai dengan standar masing-masing sekolah atau menggunakan kumpulan soal yang ada di bank soal Kelas Pintar yang sudah terstandardisasi sesuai kurikulum nasional. 

Dan secara adminisratif, guru juga akan dimudahkan dengan fasilitas laporan hasil ujian yang bisa diperoleh secara realtime.

Tugas

Lewat menu Tugas, Guru dapat memberikan tugas atau assessment secara online dengan soal yang dibuat sendiri. Adapun jenis soal yang dibuat bisa berupa essay maupun pilihan ganda. Selain itu, Guru pun dapat menentukan sendiri bobot nilai dari setiap soal yang dibuat dan diberikan pada siswa.  

Monitoring

Salah satu kendala yang dihadapi oleh guru atau tenaga pengajar adalah sulitnya memantau dan mengawasi siswa saat ujian. Untuk itu, Kelas Pintar menanamkan menu monitoring yang bisa diaktifkan oleh guru pada saat melakukan Ujian Online

Dengan menu ini, guru bisa melihat aktivitas belajar siswa di rumah secara online, aktivitas komputer siswa, bahkan dapat langsung memberikan instruksi, peringatan, dan pengumuman. 

Pengawasan ini pun tercatat dan guru akan mendapatkan aktivitas (LOG) dari penggunaan menit ke menit serta dapat melihat hasil laporan rekaman pengawasan siswa. Dengan demikian, Guru dapat memastikan bahwa soal ujian yang diberikan, benar-benar dijawab oleh siswa. 

Untuk berlangganan, Kelas Pintar menawarkan Paket Sahabat Belajar Online. Paket ini menggabungkan layanan Kelas Pintar Regular, Soal, dan Tanya Prioritas. Dalam menyambut Tahun Ajaran 2020/2021, Paket Sahabat Belajar Online bisa didapat dengan harga Rp 570.000 untuk paket berlangganan enam bulan dan Rp 1.000.000 untuk paket berlangganan 12 bulan.

MARKETEERS X








To Top