Sarat Makna, Berikut Arti Motif pada Koleksi Batik Terbaru UNIQLO

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
07 April 2022
marketeers article
UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo telah rilis awal pekan ini. Pada koleksi LifeWear khas dari merek asal Jepang ini, desainer Bai Soemarlono memberikan aksen motif yang beragam. Namun, tidak sembarangan, pola-pola yang ada pada setiap pakaian memiliki makna tersendiri.
“Kami memilih motif Batik untuk UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 ini didasarkan pada filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar. Mereka tidak hanya mencakup harapan untuk perubahan tetapi juga mendorong kita semua untuk bertindak, ujar Bai Soemarlono.
Berbeda dengan kain batik yang biasa hadir dengan pola yang besar dan tegas. Bai Soemarlono membuat desainnya dalam skala yang lebih kecil dengan menggunakan warna monokromatik sederhana. Ini dilakukan untuk menekankan gagasan agar hidup selaras dengan ekosistem.
Bicara mengenai pola batik yang digunakan untuk koleksi UNIQLO Batik kali ini. Berikut tujuh motif beserta penjelasan maknanya.
Sido Mukti
Pola diagonal bergelombang yang mewakili keinginan untuk saling berhubungan dan menggambarkan komitmen serta pencapaian. Secara tradisional motif ini dikenakan oleh pasangan pengantin. 
Motif ini melambangkan konektivitas terhadap orang lain yang selama pandemi sulit tetapi sangat penting bagi kehidupan. Selain itu, juga melambangkan hubungan dengan alam dimana menyadarkan bahwa kita hanya bagian dari jaringan yang lebih besar. 
Pada koleksi UNIQLO Batik, pola ini diaplikasikan pada blus wanita dengan tiga warna pilihan yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan.
Tirto Tedjo
Pola yang menginspirasi koleksi UNIQLO Batik ini melambangkan sungai atau air. Tirto memiliki arti air sedangkan Tedjo adalah cahaya. Secara keseluruhan motif ini berarti aliran cahaya yang konstan dan melambangkan optimisme.
Sisik Ikan (Gringsing)
Pola ini berarti perlindungan dan biasanya digunakan oleh para orang tua untuk membalut bayi yang baru lahir. Mengapa demikian? Gringsing memiliki arti tidak sakit sehingga diharapkan sang bayi dapat terlindung dari penyakit. 
UNIQLO Batik tampaknya ingin menghadirkan pengharapan bagi para pemakainya untuk tetap sehat. Terlebih lagi di situasi yang masih membuat kita hidup di tengah pandemi.
Cakar Ayam
Ayam dipandang sebagai hewan yang rajin. Hal itu terlihat dari kebiasaan mereka ketika berburu makanan menggunakan cakar atau kaki. Dan, ini dilihat sebagai lambang pengharapan serta hidup mandiri. UNIQLO Batik tampaknya ingin memberikan sisi maskulin namun tetap berkarisma lewat pola ini.
Air Terkurung
Motif air padat yang terkurung dibuat dengan garis yang digambar tangan membentuk pola kotak-kotak. Meski sebenarnya air tidak bisa dikurung karena akan selalu mengalir keluar. Motif ini bermakna bahwa manusia tidak boleh mengatur alam namun hanya bisa mengambil bagiannya dalam ekosistem.
Bintang
Bintang adalah simbol perlindungan dan energi positif serta memiliki banyak makna spiritual dari iman, harapan, dan kejelasan.Motif ini juga menggambarkan sebuah awal baru yang mengacu pada perubahan iklim.
Gunung
Gunung melambangkan kemampuan untuk menaklukan atau mengatasi hal tertentu serta merepresentasikan kerja keras dan tekad yang kuat. Motif ini mewakili petualangan baru dan mendorong kita untuk memperluas kehidupan.
Koleksi yang sarat makna dari UNIQLO Batik ini terdiri dari sembilan produk di antaranya kemeja laki-laki dengan enam motif dan enam warna. Sedangkan busana wanita terdiri dari satu blus dengan tiga pilihan warna yang keseluruhan motifnya memiliki makna dan cerita berbeda satu sama lain.
Koleksi ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 299.000 untuk blus perempuan dan Rp 399.000 untuk pakaian laki-laki.

Related