Automotive

Segmen Entry Level Kian Gemuk, AHM Hadirkan All New Honda BeAT Series

Skutik telah menjadi model yang mendominasi pasar motor di Tanah Air. Pangsa pasar skutik di mencapai 87% dari total penjualan motor nasional di tahun 2019. Sedangkan model lainnya, cub dan sport, terus mengalami penurunan.

Pada pasar skutik, segmen entry level menjadi salah satu kontributor terbesar dengan komposisi mencapai 30-40% penjualan skutik nasional.  Inilah yang menjadi salah satu pendorong Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda BeAT series di awal tahun 2020 ini. Honda BeAt merupakan salah satu produk AHM yang bermain di skutik entry level.

Kali ini, AHM fokus melakukan perombakan pada Honda BeAT tipe sporty dan BeAT Street. Perubahan All New Honda BeAt series kali ini pun terbilang menyeluruh. Ubahannya meliputi mesin dan rangka baru, serta desain, performa, dan penambahan fitur-fitur terbaru.

“Sebagai motor skutik Honda terlaris di dunia, All New Honda BeAT series memiliki perubahan platform secara keseluruhan dengan mesin dan rangka baru, serta desain, performa dan fitur terbaru. Generasi terbarunya kini hadir dengan desain yang semakin compact dan stylish, didukung rangka baru eSAF yang lincah dan mudah dikendalikan, mesin berperforma tinggi,  irit, serta dapat mengekspresikan keceriaan penggunanya,” ujar Toshiyuki Inuma, President Director AHM, saat peluncuran hari ini, (16/01/2020).

All New Honda BeAt series memang menjadi skutik favorit di negara ini. Sejak peluncuran pertama di tahun 2008, model ini telah terjual hingga 17 juta unit. Model ini menjadi kontributor terbesar penjualan AHM dan disusul oleh Honda Vario dan Honda Scoopy.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan penerimaan tinggi terhadap Honda BeAT di tengah masyarakat memberi dampak signifikan terhadap upaya AHM untuk menggandeng sebanyak mungkin anak bangsa dalam berkarya di industri sepeda motor, baik melalui puluhan perusahaan pemasok di sisi hulu hingga ribuan jaringan dealer Honda dan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di sisi hilir rantai bisnis sepeda motor Honda BeAT.

“Saat ini, All New Honda BeAT series diproduksi di dua pabrik AHM, yakni di Cikarang dan Karawang. Melibatkan banyak sekali perusahaan tier 1 dan 2. Kemudian, didukung oleh jaringan penjualan hingga 1754 diler dan 3786 AHASS,” tambahnya.

Tampilan Baru

Lalu, seperti apa perubahan yang dilakukan AHM? All New Honda BeAT series mengusung konsep Just Fit to Me yang merupakan rangkuman dari just size, just style, just utility, just price.

Tampilannya tetap menunjukkan kesan sporty yang kuat. Hal ini diperlihatkan dalam garis tegas desain body, namun tetap berkesan modern. All New Honda BeAT dan All New Honda BeAT Street juga tetap mempertahankan identitas desain bergaya ramping dan dinamis pada setiap sisi bodi guna mendukung kelincahan dan kenyamanan saat berkendara. Kedua model ini pun memiliki konsep desain bodi yang sporti pada setiap sisinya sehingga terlihat compact.

All New Honda BeAT series menggunakan generasi terbaru mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Mesin terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3. Teknologi baru ini juga membuat mesin eSP lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Melalui tes internal dengan metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Skutik yang dicintai masyarakat sejak tahun 2008 ini menggunakan rangka baru berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Rangka yang diusung kini lebih lincah dan dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga sepeda motor mudah dikendalikan dan nyaman saat dipakai bermanuver.

Penggunaan rangka eSAF pada kedua model ini juga mampu memberikan pemanfaatan ruang yang lebih besar. Bagasi penyimpanan barang kini lebih luas dengan kapasitas 12 liter dan kapasitas tangki bahan bakar lebih banyak menjadi 4,2 liter.

Pada sisi keamanan, All New Honda BeAT series ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor. Keamanan berkendara juga dirasakan pada sistem pengereman yang menggunakan fitur Combi Brake System (CBS). Selain itu, AHM juga membekali dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendaranya.

All New Honda BeAT dengan varian CBS-ISS telah dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) yang berperan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini membuat motor lebih efisien dan ramah lingkungan. Melengkapi fitur ISS, pada varian ini juga dibekali dengan teknologi terdepan yakni sensasi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter.

All New Honda BeAT hadir dalam dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS  dengan harga antara Rp 16.450.000 hingga Rp. 17.150.000.  Selain itu, ada tipe Deluxe series (CBS-ISS)  dengan 3D Emblem untuk memberikan kesan mewah dan dipasarkan dengan harga Rp 17.250.000.   Sementara itu, All New Honda BeAT Street dipasarkan dengan harga Rp 17.150.000. Semua harga on the road (OTR) Jakarta.

“Untuk target penjualan, kami optimistis All New Honda BeAT series bisa terjual sekitar 150 ribu per bulan atau antara 1,5 juta hingga 1,6 juta unit per tahun,” tambah Thomas Wijaya, Marketing Director AHM.








To Top