Consumer Goods

Segmen Ini Mendorong Nike Gunakan Material Ramah Lingkungan

SUMBER: NIKE

Olimpiade Tokyo 2020 akan sangat berbeda dengan perhelatan sebelumnya karena konsep ramah lingkungan yang diusung. Medali Olimpiade pada tahun ini terbuat dari daur ulang elektronik seperti ponsel. Dan, para atlet nantinya akan tidur beralaskan tempat tidur yang terbuat dari kardus.

Tidak ingin ketinggalan, Nike juga mengambil konsep serupa untuk seragam para atlet dari tim nasional beberapa negara yang bekerja sama dengan mereka. Mulai dari pakaian hingga sepatu, Nike menyisipkan material daur ulang. Hal tersebut tidak lepas dari karakter belanja dari target pasar mereka saat ini yaitu Milenial dan Generasi Z (Gen Z).

Dua generasi yang dilihat dari segi umur saling berdekatan ini banyak menunjukkan kepedulian akan lingkungan. Mereka ingin menjadi bagian dalam pelestarian alam atau lingkungan. Sehingga memilih barang yang eco-friendly merupakan hal yang penting dalam pertimbangan pembelian barang bagi mereka.

Nike sebelumnya telah mengungkapkan rencana mereka untuk meminimalisir emisi karbon dan limbah dari pabrik. Mereka optimistis pada tahun 2025 mampu memiliki fasilitas penghasil energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon secara keseluruhan di dunia hingga mencapai 3% pada tahun 2030.

Di sana, Nike akan menggunakan polyester daur ulang untuk seragam dan bagian sepatu dari para atlet. Penggunaan bahan ini juga menjadi salah satu ide unik yang disukai para atlet. “Mereka ingin kami ikut menunjukkan kepedulian kami. Mereka ingin bertanding dengan seragam yang sustain,” ujar Noel Kinder selaku Chief Sustainability Officer Nike dilansir dari CNBC.

Nike bukanlah merek pertama di industri ritel yang melakukan inovasi ini. Di sektor serupa, Adidas dan Puma juga menunjukkan upaya yang sama. Adidas sendiri mengklaim akan menghasilkan 15 sampai 20 juta pasang sepatu dengan material plastik yang ditemukan di laut tahun ini.

Langkah ini bisa dikatakan berani namun cukup beralasan terlebih lagi melihat target pasar mereka yaitu Milenial dan Gen Z. Para konsumen yang masuk dalam generasi ini memikirkan lingkungan ketika mereka berbelanja.

Pasalnya, 62% konsumen memilih merek yang sustainable berdasarkan survei yang dilakukan oleh First Insight pada Desember 2019. Dan, 73% dari keseluruhan responden bahkan mengaku rela membayar lebih untuk produk yang sustainable.

Nike meluncurkan koleksi “Move to Zero” bagi para konsumen sebagai koleksi khusus Olimpiade 2020. Produk-produk yang ada dalam koleksi ini menggunakan material daur ulang mulai dari polyester hingga katun organik yang dibuat dengan air dan bahan kimia yang minim.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top