Finance

Selama Tahun 2019 Pertumbuhan Laba Bersih Bank OCBC NISP Capai 11%

Bank OCBC NISP berhasil menjaga pertumbuhan stabil di tengah dinamika ekonomi global dan domestik sepanjang tahun 2019. Bank ini berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 11% YoY menjadi Rp 2,9 triliun dari Rp 2,6 triliun pada tahun 2018. Total aset bank juga tumbuh sebesar 4% sepanjang tahun 2019 menjadi Rp 181 trilun.

“Tahun 2019 menjadi masa dengant tantangan yang besar, apalagi dengan perkembangan digitalisasi yang semakin masif. Perbankan dituntut untuk dinamis dalam mengikuti perkembangan unyuk memperkuat daya saing,” kata Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP di Jakarta, Jumat (31/01/2020).

Dalam mengatasi perkembangan dinamis ini, Bank OCBC NISP melakukan serangkaian strategi. Di antaranya melanjutan rangkaian transformasi untuk mensejajarkan langkah dengan perkembangan industri perbankan. “Sepanjang tahun, kami bersikap positif apalagi dengan kemampuan bank dalam mengelola risiko,” lanjut Parwati.

Hasilnya, Bank OCBC NISP juga berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 167 triliun dan kredit tercatat sebesar Rp 119 triliun pada akhir tahun 2019. Non-Performing Loan (NPL) Bank OCBC NISP juga tercatat di bawah rata-rata industri, yaitu kategori gross tercatat 1,7% dan net sebesar 0,8%.

Bank OCBC NISP juga melanjutkan inisiatif untuk mendukung dan memfasilitasi nasabah dalam menjalankan bisnis. Terutama yang menekankan pertumbuhan dengan mempertimbangkan aspek sosial dan lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan bergabungnya Bank OCBC NISP sebagai anggota Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI) pada November 2019.

“Bank berhasil menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp 33,5 trilium atau 23,8% dari keseluruhan pembiayaan Bank pada tahun 2019 lewat keanggotaan ini,” ungkap Parwati.

Dalam aspek tranformasi, Bank OCBC NISP terus melakukan inovasi, terutama memanfaatkan digitalisasi yang banyak terjadi di industri perbankan. Di antaranya adalah memperkuat kampanye ‘Tidak Ada Yang Tidak Bisa’ yang merangkul lebih banyak anak muda sebagai generasi digital native.

“Dengan capaian pada tahun 2019, tahun ini Bank OCBC NISP optimistis dapat terus berkembang dan tumbuh dengan sehat dan berkelanjuta. Kami akan mempertajam kebijakan penyaluran kredit dan mengembangkan inovasi beyond banking untuk melayani dan memberikan nilai tambah untuk nasabah,” pungkas Parwati.

 

editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top