Lifestyle & Entertainment

Selama WFH, Nintendo Switch Paling Dicari di Asia

Salah satu aktivitas hiburan yang bisa dilakukan ketika masa-masa work from home adalah dengan bermain video game. Saat ini ada dua produk konsol game yang amat popular, Nintendo Switch dari Nintendo, dan Playstation 4 dari Sony.

Keduanya menjadi dua konsol game yang paling banyak diminati. Di beberapa toko online di Indonesia pun harganya sudah semakin melambung tinggi bila dibandingkan dengan periode sebelum masa work from home.

Rilisnya game Animal Crossing pada Maret bulan lalu di platform Nintendo Switch menjadi momentum tepat bagi Nintendo. Analisis yang dilakukan oleh NDP Group melaporkan bahwa penjualan Nintendo Switch pada bulan Maret 2020 lebih dari dua kali lipat dari waktu yang sama pada tahun lalu.

iPrice Group menganalisis 1,5 juta pencarian yang dilakukan pada platform belanja online yang mencakup negara Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Hong Kong.

Hasil menunjukkan bahwa meskipun Nintendo Switch konsol game yang paling populer, memimpin di 5 dari 7 negara, pada akhirnya gagal melawan kompetitor utama mereka yaitu PlayStation 4 di Vietnam dan Indonesia.

Di Indonesia, minat untuk Nintendo Switch hanya berkisar 61% dari minat untuk PlayStation 4. Data mengejutkan lainnya, konsol ke-3 yang paling dicari di Indonesia adalah PlayStation 3 yang sudah berusia 13 tahun, menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi PlayStation.

Semetara di Vietnam, hal serupa juga terjadi karena minat untuk Switch jauh dibawah minat untuk PlayStation 4. Urutan ke-3 diduduki oleh Microsoft Xbox One. PlayStation 4 berada di urutan kedua dibawah Nintendo Switch di negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Hong Kong. Berpindah ke tren di Thailand, Xbox One berhasil beringsut di depan PlayStation 4 untuk berada di posisi ke-2.

Secara keseluruhan, Nintendo Switch masih merupakan konsol game yang paling diminati di Asia. Dari pertengahan Maret hingga pertengahan April, minat untuk Nintendo Switch pada platform belanja online di wilayah ini melonjak 245%. Sebagai perbandingan, minat untuk PlayStation 4 hanya meningkat sebesar 135%. Total permintaan untuk Switch sekarang 1,6 kali lebih tinggi dari PlayStation 4.

MARKETEERS X








To Top