Government & Public Services

Selandia Baru Penyumbang Wisatawan Berkualitas di Indonesia

Photo Credits: 123rf

Selandia Baru diyakini Menteri Pariwisata  Arief Yahya sebagai pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Pasalnya, jumlah wisatawan asal Selandia Baru ke Indonesia menunjukkan geliat positif dari tahun ke tahun.

Menilik catatan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), jumlah wisatwan asal Selandia Baru ke Indonesia tembus 100 ribu pada tahun 2017. Tren ini kembali menunjukkan geliat positif dengan kenaikan sekitar 20% jumlah kunjungan wisatawan Selandia Baru pada 2018. Tahun lalu, jumlah wisatawan Selandia Baru ke Indonesia tembus 128 ribu.

“Tahun ini target kita 145 ribu, untuk pasar New Zealand. Lagi-lagi, kuncinya adalah penerbangan atau akses langsung dari Denpasar-Auckland oleh maskapai Emirates,” kata Arief Yahya di Selandia Baru, Jumat (12/07/2019).

Adapun infrastruktur yang dimaksud Arief Yahya, meliputi bangunan fisik kasat mata (jalan, jembatan, bandara, terminal, pelabuhan, marina) dan infrastruktur  tidak kasat mata (jaringan telekomunikasi).

Alasan lain yang membuat geliat wisatawan Selandia Baru kian berkualitas diyakini Arief Yahya lantaran pengeluaran mereka yang cukup besar saat berwisata.

Rata-rata tingkat pengeluaran untuk berbelanja wisatwan New Zealand mencapai US$1500. “Tingkat spending ini terhitung cukup berkualitas,” terang Arief Yahya.

Belum lagi, persoalan budaya atau kebiasaan masyarakat Selandia Baru yang juga sangat toleran dan multikultural dinilai cocok dengan kultur dan tradisi masyarakat di Tanah Air yang ramah.

“Dalam hal budaya, New Zealand sangat toleran. “Maka, kami akan semakin serius menggarap New Zealand sebagai originasi yang potensial untuk menaikkan ASPA atau average spending per-arrival ke Indonesia,” kata Arief Yahya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top