Seperti Apa Karakter Anda Muda di Media Sosial?

profile photo reporter Marketeers Editor
MarketeersEditor
14 Desember 2015
marketeers article
Anak muda dan media sosial adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Anak muda yang terhubung dengan internet, hampir dipastikan pasti memiliki satu media sosial, apapun jenisnya. Berbagai momen penting pun kerap mereka bagikan via media sosial ini.
Lantas apa yang dibagikan anak muda di akun media sosialnya? Survei MarkPlus Insight bertajuk Youth Monitoring 2015 dalam Focus Group Discussion (FGD) menyebutkan bahwa anak muda Indonesia membagi foto, kutipan, atau video agar mereka terlihat populer, bijaksana, dan lucu.
Ketiga hal ini sebenarnya saling bertolak belakang. Namun persepsi terhadap tiga hal ini yang ingin dibentuk oleh anak muda. Ingin terlihat populer, yaitu banyak yang me-like posting mereka dan di-repost oleh orang lain. Bisa membuat suatu meme yang going viral adalah pencapaian bagi anak muda.
Ingin terlihat lucu, supaya mereka dipersepsikan sebagai orang yang asyik untuk diajak berteman. Kadang anak muda juga tidak segan untuk mengolok-ngolok diri mereka sendiri untuk mendapatkan kesan lucu. Akan tetapi, mereka pun ingin terlihat bijaksana, antara lain supaya bisa menjadi tempat curhat bagi teman yang lain, dianggap lebih tahu dan dewasa.
Melihat program komunikasi untuk anak mudaini, maka pemasar harus bisa memahami apa yang dianggap populer, lucu, dan bijaksana supaya mereka dengan senang hati bisa membagikan kepada anak muda lain.Alangkah baiknya jika program marketing atau promosi Anda bisa menyebar luas berkat bantuan mereka. Apalagi jika produk Anda memang menyasar konsumen anak muda Indonesia.
 
 
Artikel selengkapnya bisa Anda dapatkan di
Majalah Marketeers edisi November 2015

Related