Grapeshot Leaderboard
Technology

Setelah Xiaomi, Kini Peluncuran Vivo V9 Disindir Asus

Peluncuran Vivo V9 di Candi Borobudur (Foto: Twitter Vivo Indonesia)

Persaingan usaha di dunia telekomunikasi terasa ketat. Sindir menyindir saat ini tampaknya makin marak Dan, yang menjadi sasaran kali ini adalah Vivo.

Belum lama ini, Vivo berhasil menarik perhatian saat meluncurkan produk V9 mereka di Candi Borobudur dan melakukan blocking time 12 stasiun TV nasional. Bukan hanya masyarakat Indonesia, gebrakan Vivo ini juga menarik perhatian para pesaingnya hingga membuat mereka gatal untuk menyindir. Sindiran pertama datang dari Xiaomi tepat di malam peluncuran.

Sindiran tersebut dilontarkan oleh akun Twitter Mi Indonesia (@xiaomiindonesia). Di sana, Xiaomi membagikan tutorial remot televisi dengan menggunakan aplikasi “Mi Remote”. Dan mengajak para penggunanya untuk mematikan tv. Para netizen pun lantas berasumsi bahwa cuitan tersebut untuk menyindir acara Peluncuran Vivo V9, karena jamnya bersamaan dan kebanyakan saliuran tv menayangkan acara tersebut. Seperti ini bunyi cuitannya:

“Eh tau nggak siy, HP kita bisa jadi remote Televisi juga lho. Ikutin tutorialnya yuuk. Yang TV nya udah mati coba fotoin ke mimin dong”

Tidak hanya Xiaomi, beberapa hari lalu pabrikan smartphone Asus melalui akun Facebooknya pun ikut menyindir apa yang dilakukan Vivo. Asus melakukan sindiran melalui poster pengumuman bahwa mereka akan merilis salah satu seri Zenfone terbaru mereka.

Pada poster disebut dikatakan, “Coming soon. The New Zenfone at Jakarta. Not Live on any tv station! 23.04.2018. Stay tuned only at Asus Indonesia Facebook dan YouTube”.

Kami akan segera hadir membawa Zenfone terbaru yang akan mengejutkan kamu, tanpa mengganggu acara TV kesayanganmu.Tunggu kami, di 23 April 2018 Bersama Lazada 😎 #GameChanger #BeatEveryone #InspiredByZenFans

Dikirim oleh ASUS pada 3 April 2018

Tidak sekasar Xiaomi, namun cukup monohok. Strategi semacam ini memang sering dilakukan oleh para merek untuk menjaga komunikasi mereka agar tidak tenggelam ketika banyak audiens membicarakan pesaingnya.

Kira-kira pada cerita di atas, siapa yang paling diuntungkan?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top