Automotive

Hasilkan Yaris Heykers, RnD Center Toyota di Indonesia Semakin Dilirik

New Yaris Heykers (Photo: Marketeers)

Desainer lokal milik PT Toyota Astra Motor telah merealisasikan mobil pameran mereka Yaris Heykers menjadi sebuah mobil yang diproduksi massal. Mereka juga telah berhasil meyakinkan pihak prinsipal, yakni Toyota Motor Corporation (TMC) yang berkantor pusat di Jepang untuk mendapatkan izin produksi Heykers. Dari inovasi ini, TMC dinilai menyambut sangat positif kreasi dari pusat penelitian dan pengembangan produk Toyota di Sunter ini, termasuk untuk produk selanjutnya.

“Kami telah melewati proses yang cukup panjang untuk memproduksi Heykers ini dari show car menjadi mobil yang diproduksi massal. Membuat konsep menjadi show car, kami menghabiskan waktu sekitar 6 bulan dan 1 tahun untuk merealisasikannya,” jelas Sutrimono, Deputy Division Head of Product Planning & Development Division PT TAM.

Pria yang akrab disapa Mono ini pun mengatakan bahwa TMC sangat positif responsnya dan sangat terbuka jika ada ide-ide desain lain dari Indonesia untuk diproduksi menjadi produk massal. “Tentu kami harus melewati tahap riset pasar dan menunggu timing yang pas. Beberapa model sedang dikembangkan juga,” lanjut Mono.

Sebelumnya, tim desainer TAM telah mengeluarkan tiga model modifikasi dari Yaris, seperti Yaris Heykers dan Yaris Legian. Di luar itu, pusat riset dan pengembangan Toyota di Indonesia telah menyumbang beberapa part yang dipakai untuk memproduksi sebuah mobil Toyota.

“Kami telah memiliki C&A Planning Design Department Product Planning & Development sejak 2006 dan sudah mengembangkan sekitar 300 item. Kontribusi tim RnD kami bukan hanya Heykers tapi sudah banyak, khususnya beberapa bagian kecil pada mobil,” Executive General Manager Vehicle Sales Planning TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Bersama PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, TAm telah melakukan produksi beberapa mobil di tanah air dengan tingkat kandungan lokal (tkdn) yang tidak bisa dipandang sebelah mata. “Komitmen Toyota untuk mengembangkan industri dalam negeri sangat kuat. Hal ini bisa dilihat dari perjalanan Kijang Innova sejak tahun 1977 sampai dengan 2015 kandungan lokalnya berkembang dari 9% hingga sekarang sudah mencapai 85%. Untuk Yaris Heykers sendiri kandungan lokalnya sudah mencapai 75%,” jelas Warih Andang Tjahjono. Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top