Resource & Energy

Shell Think Efficiency 2019 Masuk Babak Final

Merayakan HUT ke-74 RI dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada 10 Agustus, Shell Indonesia menggelar seminar nasional bertajuk “Inovasi untuk Negeri” dan acara final kompetisi “Think Efficiency 2019”. Acara ini menjadi wujud komitmen Shell Indonesia dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, riset, dan inovasi di Indonesia, khususnya di sektor energi.

Menurut Direktur of Lubricants PT Shell Indonesia Dian Andyasuri, upaya ini perlu dilakukan oleh perusahaan seiring dengan peningkatan konsumsi energi di Indonesia. “Konsumsi energi bertambah bersamaan dengan kemajuan ekonomi dan jumlah penduduk yang meningkat. Revolusi industri 4.0 di sektor manufaktur juga menjadi pendorong kondisi ini,” ujar Dian pada acara Final Kompetisi Think Efficiency 2019 di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dihadiri oleh sekitar 100 peserta, seminar “Inovasi untuk Negeri” membahas berbagai isu menarik seputar energi dan tribologi (ilmu mengenai gesekan, keausan dan pelumasan yang berkontribusi terhadap efisiensi energi). Seminar ini juga membahas berbagai tantangan dan gagasan serta kebijakan terkait masa depan energi, yang disampaikan oleh para narasumber yang menjadi pakar di bidangnya.

“Kami melihat kompetisi Think Efficiency sebagai katalisator invensi dan inovasi dalam menyiapkan generasi unggul untuk Indonesia yang maju,” ujar Ainun Naim, Sekretaris Jendral Kementerian Ristek dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia.

Menurut Ainun, peningkatan inovasi saat ini sangat dibutuhkan, khususnya ditujukan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan kelas ekonomi.

Kompetisi inovasi “Think Efficiency 2019” sendiri menitikberatkan penilaian pada aspek originalitas, produk, dampak dan keberlanjutan. Dua bidang yang dipilih, yaitu energi dan tribologi merupakan bidang kompetensi Shell. Sinergi dengan para inovator diharapkan akan memberikan dampak besar dan positif untuk perkembangan teknologi Indonesia di masa depan agar bersiap dalam menghadapi tantangan energi dan Revolusi Industri 4.0 ke depan.

“Dari tahun ke tahun, kami terus menggiring berbagai inovasi para peserta ini ke tahap penerapan. Kami berharap dari tahun ke tahun kami akan semakin dekat kepada hilirisasi dari inovasi-inovasi yang telah tercipta,” lanjut Dian.

Shell Indonesia berkomitmen untuk membantu para inovator yang mengikuti ajang ini untuk merealisasikan inovasinya. “Misalnya, pemenang tahun lalu kami pertemukan dengan dengan mitra kami di sektor mining. Di sisi lain, kami juga menjajaki para talenta berpotensi untuk perusahaan ini,” tutup Dian.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top