Media

Shopee Buka Suara Soal Dampak Iklan Cristiano Ronaldo

Beberapa waktu lalu, Shopee mengumumkan atlet sepak bola Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador terbarunya. Atlet dengan insial CR7 ini menjadi pemain sepak bola internasional pertama yang bergabung dengan deretan figur publik di jajaran brand ambassador Shopee.

Tidak lama, Shopee langsung merilis konten video promo yang menampilkan CR7. Dalam materi promo 30 detik tersebut, terlihat Ronaldo berhasil mengeksekusi tendangan bebas dan melakukan selebrasi khas. Alih-alih mendapat teriakan dari penonton, Ronaldo mendapati semua penonton menunduk menatap layar handphone dan membuka aplikasi Shopee. Bahkan, wasit memberikan kartu bergambarkan logo Shopee. Selanjutnya adalah adegan jersey Ronaldo yang berubah warna menjadi orange dan diikuti dengan Ronaldo bersama teman-temannya menari goyang Shopee.

Sayangnya, materi video promo Shopee yang menampilkan Cristiano Ronaldo mendapat persepsi negatif di dunia maya. Iklan 30 detik banyak disebut sebagai iklan paling buruk yang pernah menampikan sosok atlet sepak bola.

Menurut Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, konten iklan tersebut sudah disepakati bersama. Baginya, tim manajemen CR7 pun terlibat dalam ide dan konsep iklan yang diproduksi. Ia tidak menampik materi iklan tersebut akan menciptakan kontroversi terkait bagus atau tidak bagus.

“Tapi dengan hadirnya Cristiano Ronaldo, nama Shopee menjadi pembahasan global,” terang Rezki.

Melalui Ronaldo, Shopee ingin lepas dari citra platform e-commerce yang identik dengan perempuan. Bagi Rezki sejak awal Shopee tidak ditujukan untuk satu jenis kelamin, namun untuk semua jenis kelamin.

Upaya menepis stigma tersebut sudah beberapa kali dilakukan oleh Shopee. Misalnya, dengan merilis portal Shopee for Men yang khusus untuk produk-produk yang berkaitan dengan dunia pria. Selain itu, Shopee di Indonesia menggandeng grup musik Slank. Kini, Shopee pun resmi menjadi sponsor utama liga sepak bola Indonesia, Shopee Liga 1.

Rezki yakin kalau CR7 akan membawa efek yang positif bagi Shopee. Sebelum memilih Ronaldo, Shopee membutuhkan sosok seorang bintang besar terkenal, dan memberikan efek yang positif. Akhirnya, sosok itu jatuh ke Ronaldo. Ia meyakini Ronaldo tidak hanya terkenal di lapangan sepak bola saja, tapi luar arena sepak bola juga.

Seperti kebiasaan Shopee sebelumnya, yakni membawa brand ambassador mereka ke Indonesia. Shopee belum bisa memberikan kepastian apakah Ronaldo akan berkunjung ke Indonesia. “Belum ada kepastian apakah kami bisa membawa Ronaldo ke sini. Kita tahu jadwal dia sangat padat, terlebih musim kompetisi baru saja dimulai,” tutup Rezki.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top