Consumer Goods

Shopee Catat 4 Kategori Favorit Baru Selama Kampanye Belanja Ramadan

Sumber: 123RF

E-commerce dari Singapura, Shopee melaporkan adanya pergeseran kategori belanja yang menjadi favorit pada masa kampanye Big Ramadhan Sale. Pesta belanja daring yang digelar sejak awal Bulan Mei 2020 lalu ini juga mencatat tren e-commerce baru di tengah meningkatnya kegiatan belanja daring akibat aturan physical distancing yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Diungkapkan oleh Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, terdapat empat kategori yang menjadi favorit di kampanye belanja kali ini, yaitu pakaian muslim, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, dan kebutuhan ibu dan bayi. Masing-masing kategori ini mengalami kenaikan empat kali lipat pada puncak kampanye.

“Dari empat kategori di atas, tiga di antaranya adalah kebutuhan sehari-hari yang biasanya tidak dibeli secara online, tapi dengan adanya pembatasan sosial ini mulai menunjukkan peningkatan transaksi,” kata Handhika.

Sementara itu dari sisi penggunaan aplikasi, Shopee juga mencatat lebih dari 10 juta chat per hari di dalam fitur Shopee Live Chat. Hal ini mengindikasi bahwa traffic pengguna Shopee meningkat, tidak hanya dalam hal jual-beli, tapi juga interaksi antara penjual dan pembeli.

“Kami juga mencatat 40% transaksi menggunaka ShopeePay yang juga menunjukkan peningkatan,” lanjut Handhika.

Platform market place ini juga melaporkan adanya peningkatan engagement. Memanfaatkan fitur gamifikasi, Shopee membangun engagement-nya lewat fitur Shopee Tanam. Sebanyak 90 juta pohon berhasil ditanam hingga puncak kampanye.

“Inisiatif kampanye belanja online ini sekaligus menjadi cara kami mewujudkan fungsi sosial, yaitu mendukung aturan social distancing dan membangun ekosistem belanja daring yang lebih kuat di Indonesia. Tentu ke depannya, semakin banyak momentum spesial yang akan kami targetkan untuk menghadirkan kampanye yang sama,” tutup Andhika.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top