Technology

SINERGI Kembangkan Tenaga Kerja Inklusif

Rencanamu bekerja sama dengan Rajawali Foundation dalam upaya menyukseskan Proyek Penguatan Koordinasi untuk Pembangunan Ketenagakerjaan Insklusif di Indonesia atau SINERGI. Proyek ini telah memasuki fase 2 di Jawa Tengah, dimulai pada Juli 2019 sampai September 2020.

Proyek SINERGI memiliki target sasaran 16.000 pemuda kurang mampu dan rentan. Direktur Eksekutif Rajawali Foundation, Agung Binantoro mengatakan jika proyek ini bertujuan untuk membantu para pemuda tersebut, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas, memperoleh keterampilan agar siap memasuki dunia kerja.

Para peserta dari proyek SINERGI dapat melaksanakan proses registrasi, serta asesmen perliaku terkait pekerjaan tertentu melalui platform Rencanamu. Nantinya 4.000 pemuda akan diseleksi kembali dan yang lolos dapat mengikuti program kesiapan kerja, pelatihan, dan pemagangan dengan perusahaan yang sesuai dengan hasil nilai. Proyek ini pun diharapkan dapat meluluskan 2.000 pemuda yang dapat memperoleh pekerjaan baru.

Selain pemberian akses ketenagakerjaan bagi 16.000 pemuda kurang mampu dan rentan, melalui proyek ini juga akan dibentuk Kelompok Aksi (POKSI) Ketenagakerjaan Inklusif di Jateng yang melibatkan pilar 4P, yaitu pemuda, perusahaan, pemerintah daerah, dan lembaga pelatihan kerja.

“Rencanamu akan dilibatkan dalam SINERGI melalui mekanisme koordinasi POKSI tersebut. POKSI akan membentuk konsorsia strategis 4P untuk berkoordinasi dan melaksanakan proses inti, yang meliputi perekrutan pemuda, asesmen, pelatihan kesiapan kerja, pemagangan, dan penempatan kerja,” jelas Agung dalam acara Panel Discussion & Media Launch Rencanamu (30/10/2019).

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top