Lifestyle

Singapura Kembangkan Pasar Wisata Halal

Sumber: 123RF

Indonesia, Thailand, dan Malaysia menjadi tiga negara di Asia Pasifik yang gencar mempromosikan destinasi wisata halal. Setiap tahunnya, potensi wisata ini diperkirakan meningkat. Bahkan, di tahun 2026 wisata halal berpotensi menghasilkan US$ 300 miliar.

Meski tiga negara terus bersaing dengan ketat. Ada pesaing lain yang perlu diperhitungkan, yaitu Singapura. Menurut Wakil Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Panca Sarungu, Singapura juga memiliki potensi untuk wisata halal.

“Menurut saya, bukan hal yang sulit karena 5% penduduk Singapura adalah muslim atau melayu. Mereka juga sudah terbiasa menangani wisata halal,” ujar Panca.

Upaya Singapura untuk merangkul wisatawan muslim mulai tampak. Contohnya bisa dilihat di  salah satu food court Bandara Changi. Mereka memisahkan makanan halal dan non halal, sehingga dapat mempermudah pengunjung di sana.

Wisata halal mulai menggeliat di Singapura. Pasalnya, tidak sedikit tempat yang memasang label halal. Jumlah wisatawan muslim yang berkunjung tampaknya menjadi salah satu dorongan Singapura untuk mulai fokus memberikan layanan yang “berbau” halal.

MARKETEERS X








To Top