Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba
Opinion

Slank Tutup JMW 2018 dengan Luncurkan Lagu “Indonesia Now”

Bukan yang pertama kali MarkPlus, Inc. berkolaborasi dengan grup band legendaris Slank. Sejak lama, MarkPlus, Inc. membangun semangat citizenship untuk mendukung kemajuan dan perkembangan Indonesia dengan penuh optimisme.

Baik MarkPlus maupun Slank mengalami pemerintahan dari enam presiden, yakni Suharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo. Hal ini menandakan bahwa baik MarkPlus maupun Slank bukanlah bagian dari pemerintahan tertentu. Tetapi, keduanya hadir dan berkarya memang untuk Indonesia, siapa pun pemerintahnya.

Pada kolaborasi pertama tahun 2014, tepatnya 8 September, MarkPlus dan Slank meluncurkan lagu Indonesia WOW! Lagu dan semangat Indonesia WOW! ini dilatarbelakangi oleh situasi pemilu presiden kala itu yang memang berbeda yang mana keterlibatan publik sangat kentara dalam pesta demokrasi tersebut – dari masa kampanye hingga mengawal proses penghitungan suara.  Jika kala itu, lagu Salam Dua Jari diciptakan Slank untuk kampanye Jokowi, lagu Indonesia WOW! yang digagas oleh Hermawan Kartajaya ini dibuat Slank untuk mengawal pemerintahan Jokowi selama lima tahun dengan ditandai Salam Tiga Jari. Kenapa tiga jari, karena angka ini merupakan jumlah satu dan dua yang merupakan nomor kedua pasangan calon kala itu. Dan, presiden yang terpilih adalah presiden untuk semua rakyat Indonesia.

Sekarang, menghadapi tahun politik, khususnya tahun 2019 yang ditandai dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), banyak masyarakat dan pelaku industri merasa was-was dan memilih untuk wait and see.  Belum lagi dengan teknologi Internet yang membuat kehidupan masa kini diwarnai dengan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Intinya, kita sedang memasuki situasi yang serba tidak terduga dan unpredictable. Ditambah dengan banyak dinamika yang terus .

“Di tengah situasi tersebut, kita tidak boleh pesimistis. Kita juga tidak perlu hanyut dalam kekhawatiran akan sesuatu yang belum pasti. Sebaliknya, kami ingin mengembuskan semangat optimisme untuk menyambut Indonesia NOW! hadapilah VUCA dengan DAMO, yakni Discover new opportunity, Adventure the alternative way, Momentum of 2018, dan Outlook from the pilot perspective. Dan, semua itu harus dieksekusi sekarang ini, NOW!” kata Hermawan.

Dengan DAMO, sambung Hermawan, perlu upaya untuk mencari dan menemukan peluang-peluang baru bagi Indonesia di tengah kancah dunia yang makin kompetitif, butuh keberanian untuk mencoba alternatif-alternatif baru, pintar dalam memanfaatkan momentum-momentum yang ada, serta kemampuan melihat segala persoalan dari kacamata pilot alias komprehensif.

Dan, hari ini, 8 Mei 2018, di puncak Jakarta Marketing Week 2018 di Kota Kasablanka, Jakarta, MarkPlus dan Slank meluncurkan lagu “Indonesia NOW!” Peluncuran lagu Indonesia NOW! ini, sambung Hermawan, sebagai tanda persiapan Indonesia memasuki era 4.0 from WOW to NOW!

Era Industri 4.0 ditandai dengan industri yang semakin tekoneksi satu sama lain. Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo saat memaparkan Roadmap Implementasi Industri 4.0 awal April lalu, era 4.0 ditandai dengan aneka platform konektivitas yang makin kuat, seperti komputasi awan, big data, mobile internet, artificial intelligence, mesin cerdas, internet of things, 3D printing, dan sebagainya.

Hermawan mengatakan, memasuki era 4.0 ini, dengan semangat Indonesia NOW! semua  pemangku kepentingan dan semua pelaku industri harus mampu memanfaatkan OMNI way yang mengintegrasikan antara online dan offline. Bagi Hermawan, virtuality tidak akan mumpuni tanpa reality. Tidak hanya itu, kita semua harus memiliki terus menjaga mental produktif, kreatif, dan entrepreneurial.

“Kita pun jangan terlalu banyak merenungkan masa lalu yang mencekam. Kita tak perlu terjebak juga pada kekhawatiran pada masa depan. Kita harus tetap move on dan optimistis menjalani hari-hari sekarang dan masa depan demi Indonesia yang lebih baik. Indonesia NOW! Indonesia Forever!” pungkas Hermawan.

Semua penjelasan di atas kemudian diadopsi oleh Slank ke dalam lirik lagu Indonesia NOW! Dalam lagu tersebut, Slank berbicara soal kehidupan digital zaman now sampai betapa era konvensional sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang sangat adaptif platform online. Slank membawakan itu semua ke dalam lirik lagu yang lugas, tegas, penuh dengan pesan sosial, dan benar-benar khas band legendaris Tanah Air tersebut.

Slank Sebagai The Best Rock Band Brand in Indonesia

Pada kesempatan ini, MarkPlus juga memberi penghargaan kepada Slank sebagai The Best Rock Band Brand in Indonesia. Penghargaan ini berlandaskan pada riset brand equity ke 1.010 penggemar musik rock di Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Ada tiga hal yang membuat Slank pantas menyandang gelar tersebut. Pertama, merek Slank masih mendominasi pasar musik rock Indonesia. Kedua, nostalgic value menjadi kekuatan utama dari merek Slank. Ketiga, Slank merupakan merek dan juga aset yang masih memiliki nilai komersial.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top