Technology

SoftBank Ingin Berinvestasi dalam Pemindahan Ibu Kota

SUMBER: GRAB

Presiden SoftBank Masayoshi Son bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Jumat (10/1/2020) dalam rangka membangun kolaborasi. Ia tidak sendiri, tetapi didampingi oleh CEO Grab Holdings Anthony Tan dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibarata.

Melalui pernyataan resmi Grab Indonesia, Ridzki menjelaskan bahwa diskusi tersebut merupakan diskusi lanjutan mengenai potensi kolaborasi terkait pembangunan lebih banyak smart city. Dalam pertemuan ini SoftBank menunjukkan ketertarikan untuk berinvestasi. Namun, belum menentukan jumlah yang akan diberikan.

Tidak hanya konsep smart city yang menarik perhatian SoftBank, namun juga inisiatif ramah lingkungan yang ingin dikembangkan di seluruh Indonesia. “Konsep kota pintar dengan teknologi terbaru, kota hijau dan juga pengembangan artificial intelligence itulah yang kami tertarik untuk dukung,” ujar Masayoshi, mengutip Antara.

Tahun lalu, Grab menerima US$ 750 juta dari beberapa investor, salah satunya SoftBank yang menjadi mitra strategis Grab. Ketika itu, Masayoshi mengungkapkan bahwa Grab jelas menang dalam industri mobile Asia Tenggara. Ia juga memuji perkembangan mengesankan yang ditorehkan Grab.

Lebih lanjut, ia mengatakan SoftBank akan terus mendukung startup yang memiliki mental juara serta visi ekosistem internet yang lebih baik. Sejak awal tahun 2017, SoftBank diketahui menyiapkan pendanaan yang dinamai Vision Fund sebesar US$ 100 miliar untuk berbagai startup. Pendanaan itu sendiri merupakan strategi investasi untuk mendorong pertumbuhan tinggi para CEO.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top