Retail & Property

Starbucks Buka Gerai Pertama Berbasis Komunitas

Sumber: Starbucks Indonesia

Starbucks meresmikan pembukaan gerai Community Store pertama di Indonesia pada Kamis (20/02/2020). Gerai dengan konsep komunitas ini terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Sejak membuka gerai pertama Starbucks di Indonesia, kami memiliki jangka panjang untuk terus memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat,” kata Anthony Cottan, Direktur PT Sari Coffee Indonesia.

Lobby Starbucks Community Store Tanah Abang (Sumber: Starbucks)

Tanah Abang dilirik sebagai lokasi yang tepat dengan statusnya sebagai pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara. Di wilayah ini, terdapat banyak anak muda yang memiliki akses pendidikan dan karier yang terbatas. Melihat hal tersebut, Starbucks bermitra dengan dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization (ISCO). Kerja sama ini akan menghadirkan lebih banyak kesempatan bagi anak-anak di Tanah Abang untuk memperoleh edukasi.

Dalam mewujudkan dampak sosial lewat pembukaan Starbucks Community Store, ritel gerai kopi asal Amerika Serikat ini membangun gerai empat lantai dengan luas hingga 250 meter persegi. Gerai ini menyediakan area yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan diri anak-anak. Kegiatan ini akan melibatkan relawan dari LSM.

Community Space Starbucks Tanah Abang (Sumber: Starbucks)

Starbucks juga memastikan bahwa hampir semua barista yang bekerja di gerai ini berasal dari Tanah Abang. “Hal ini untuk memaksimalkan tujuan dibangunnya gerai berbasis komunitas di kawasan Tanah Abang. Kami mengambil langsung anak-anak muda yang memiliki bakat meracik kopi dan berbagai jenis minuman khas Starbucks,” kata Anthony.

Lebih lanjut, Starbucks mengumumkan bahwa gerai ini akan mendonasikan sebagian dari penjualannya untuk mendukung kegiata dua LSM tersebut. Salah satunya adalah program beasiswa dan belajar-mengajar reguler yang dilakukan oleh Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan ISCO.

Hadirnya gerai ini akan membantu ISCO untuk memberikan beasiswa pendidikan untuk anak binaan ISCO pada rentang usia lima sampai 15 tahun. Sementara itu, Yayasan Komunitas Sahabat Anak akan memaksimalkan area Community Store sebagai tempat berbagi ilmu bersama anak usia TK sampai SD.

“Kehdiran gerai inibersama dengan keterlibatan karyawan, dan pelanggan Starbucks membangun kepercayaan kami akan terciptanya peluang baru bagi anak-anak di Tanah Abang. Kami harap, gerai ini dapat membantu mewujudkan masa depan cerah bagi anak-anak di wilayah ini,” tutup Anthony.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top