Technology

Startup Asal China Wujudkan Manusia Jadi Iron Man

Photo Credits: Marketeers, Alibaba Group

Siapa tak mengenal Iron Man? Karakter superhero fiksi buatan Marvel Comics ini memiliki kekuatan luar biasa melalui teknologi yang terletak pada kostumnya. Kini, cerita itu bukan fiksi lagi. Startup asal China, C-Exoskeleton Technology (Exoskeleton) berhasil mewujudkan inovasi ini ke dunia nyata.

Disebut sebagai Power Suit, Exoskeleton menghadirkan wearable robobagi manusia. Dengan menggunakan power suit ini, pengguna akan memiliki kekuatan lebih layaknya superhero Iron Man.

“Di bidang logistik, power suit ini dapat membantu peran sorting guy agar bekerja lebih mudah dan efisien. Misalnya, memindahkan tiga ribu hingga empat ribu objek setiap hari dengan beban mencapai 30kg- 40kg,” terang Chao Wang, Founder of C-Exoskeleton Technology di Hangzhou, China (12/09/2019).

Tak hanya itu, Exoskeleton turut menunjukkan kemampuan teknologi ini untuk mengangkat sebuah mobil di gelaran Taobao Maker Festival 2019. Meski baru memperuntukan teknologi ini di setor logistik dan militer, Exoskeleton tak menutup kemungkinan untuk memperluas penggunaan power suit ini di sektor lainnya.

Terinspirasi usai menonton Iron Man di bangku Sekolah Menengah Pertama, Chao Wang kemudian tertarik untuk menemukan inovasi power suit.

Di tahun keduanya berkuliah, Chao Wang memilih keluar dan mengembangkan bisnis ini. Enam tahun berjalan, nilai valuasi bisnis Exoskeleton kini mencapai lebih dari US$100.

“Kami selalu mencoba untuk melihat gambaran yang besar. Apa yang hari ini terlihat tidak mungkin, bisa terwujudkan dan dimanfaatkan suatu hari nanti,” kata Chao Wang.

Kini, Exoskeleton yang semula bermain di ranah Business to Business (B2B) melakukan test market melalui Taobao Marketplace.

Strategi ini sekaligus menjadi cara bagi Exoskeleton untuk melihat respons pasar dan mungkin menarik mereka untuk menggarap ranah Business to Consumer (B2C).

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top