Technology

Strategi Baru GoFood Perkuat User Experience

Sumber: GoFood

Layanan pesan-antar makanan dari Gojek, GoFood menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan pada tahun 2019. Dari data GoFood pada kuartal empat 2019, jumlah pelanggan di Indonesia yang bertansaksi di layanan ini mencapai lebih dari 20 juta pelanggan. Angka ini menunjukkan peningkatan dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018.

Tak ayal jika Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyatakan bahwa GoFood kini menjadi salah satu pilar layanan utama Gojek. “Pertumbuhan bisnis GoFood sejak diluncurkan pada Mei 2015 terus menunjukkan angka yang memuaskan. Kini, bisa dikatakan GoFood memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap ekosistem bisnis Gojek,” ungkapnya.

Dalam empat tahun terakhir, jumlah completed orders GoFood meningkat hingga 30 kali lipat dengan rata-rata pemesanan sampai di pelanggan 50 juta per bulan pada akhir tahun 2019. Sementara, jumlah mitra merchant meningkat hingga 17 kali lipat menjadi 500.000 merchant.

“Peningkatan merchant kemudian mendorong GoFood untuk memiliki pilihan menu terbanyak dalam layanan ride hailing. Kami menawarkan 16 juta item dari berbagai merchant kepada pelanggan,” kata Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group.

Pertumbuhan inilah yang mendorong GoFood untuk memfokuskan diri terhadap layanan pelanggan. Hal ini diwujudkan dengan peluncuran kampanye #LebihHepi untuk memperkuat customer experience pengguna GoFood pada Selasa (11/02/2020).

Dalam kampanye ini, GoFood akan memfokuskan pada dua aspek, yaitu kebahagiaan (delightfulness) dan memberikan layanan super cepat.

“Kami melihat pelanggan sudah sangat nyaman dalam menggunakan GoFood. Untuk memperkuat loyalitas ini, kami sadar bahwa ada hal yang harus dilakukan, salah satunya dengan menghadirkan customer experience. Kami ingin menjamin makanan yang mereka pesan dapat sampai dengan cepat dan membawa kebahagiaan,” paparnya.

Pengalaman memesan makanan ini diperkuat dengan tampilan GoFood yang semakin mudah dalam menjelajah menu pilihan. GoFood juga mengadaptasi teknologi artificial intelligence agar pelanggan merasakan pilihan menu yang personal. Lebih lanjut, GoFood juga melatih mitra usaha untuk menjamin pelayanan dan kualitas makanan yang ditawarkan GoFood. Upaya ini untuk menjaga pengalaman kuliner pelanggan.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kampanye ini GoFood terlebih dulu meluncurkan fitur baru. Di antaranya GoFood Plus, GoFood Turbo, dan layanan Google Assistant untuk memesan makanan yang lebih ringkas.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top