Automotive

Strategi Toyota Dongkrak Penjualan Saat Pandemi

PHOTO CREDIT: 123RF

Pandemi virus corona membuat industri otomotif mengalami penurunan yang signifikan. PT Toyota-Astra Motor (TAM) pun mengambil strategi untuk mendongkrak penjualan dengan memberikan berbagai kemudahaan kepemilikan maupun perawatan kendaraan.

“Toyota menyiapkan berbagai program yang dapat mendukung mobilitas pelanggan berupa kemudahan untuk memiliki kendaraan termasuk program apresiasi khusus bagi pelanggan dengan profesi tenaga medis,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Bagi pelanggan yang berprofesi sebagai tenaga medis, Toyota menyediakan program yang sangat ringan. Salah satunya dengan tingkat suku bunga rendah mulai dari 0% untuk jangka kredit satu tahun, 1% untuk jangka kredit dua tahun, dan 2% untuk jangka kredit tiga tahun.

Toyota juga menyiapkan program kepemilikan kendaraan dan layanan untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Seperti pemberian gratis disinfektan bagi yang melakukan pembelian mobil ataupun servis kendaraan. Program ini akan dimulai dari tanggal 20 April 2020.

Adapula program Spektakuler yang menawarkan suku bunga rendah. Pelanggan dapat memperoleh special rate mulai dari 3,7% dan juga gratis servis bagi yang memiliki model Rush, Alphard, Vellfire, Land Cruiser 200, dan FT 86 dengan Vin code 2020.

Kemudian, program Deal Cermat untuk pelanggan Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Makassar. Melalui program ini pelanggan mendapatkan cicilan rendah, free paket servis dan asuransi, serta jaminan harga jual kembali di depan. Pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan cicilan 30% lebih rendah dari cicilan reguler, serta memfasilitasi pelanggan melakukan trade-in setiap 2-4 tahun sekali.

Sementara untuk pelanggan di Jakarta, terdapat program KINTO yaitu program berlangganan mobil selama tiga tahun dengan cukup membayar biaya tetap yang disepakati per bulan tanpa adanya DP (down payment). Program ini memberikan kemudahan konsumen dalam pemesanan dengan hanya melakukan registrasi ke KINTO-ID.com.

“Melalui semangat #ToyotaAdaUntukAda, kami merancang berbagai program dan layanan khusus agar dapat senantiasa menunjang kebutuhan mobilitas pelanggan,” tambah Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Untuk mendukung program physical distancing, Toyota menyiapkan layanan aftersales yaitu Toyota Mobile Service (TMS), Pick Up Delivery. Ada juga perpanjangan garansi yang hanya dapat dilakukan melalui proses booking.

Toyota juga turut meningkatkan kapasitas layanan berbasis digital dengan menggunakan Chatbot Toyota Interactive Virtual Assistant dan aplikasi mToyota. Chatbot tersebut akan memberikan berbagai informasi mengenai produk, tips perawatan kendaraan, serta program penjualan.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top