Transportation & Logistic

Sudah 25 Tahun di Indonesia, Mitsui OSK Lines Makin Percaya SDM Lokal

Mitsui O.S.K. Lines, Ltd (MOL) Logistics menegaskan komitmen untuk terus menjalankan bisnis di negara ini. Perusahaan perkapalan asal Jepang ini telah hadir secara resmi di Indonesia sejak 25 tahun lalu dan menjadi mitra berbagai perusahaan besar di negara ini.  MOL Indonesia melayani melayani kegiatan ekspor dan impor barang baik melalui laut maupun udara serta pelayanan trucking melalui darat dan juga warehousing atau pergudangan.

“Kami memiliki sejarah panjang berbisnis di Indonesia. Secara resmi kami memang hadir para tahun 1994, tapi jauh sebelumnya kami sudah menjalin bisnis di sini sejak tahun 1916.  Kami sangat senang bisa hadir dan berkontribusi selama 25 tahun di Indonesia dan kami selalu berusaha untuk dapat menyediakan berbagai layanan khususnya dibidang penyediaan logistik,” kata Junichiro Ikeda, Presiden & CEO MOL, saat konferensi pers hari ini, (25/07/2019).

MOL Indonesia juga menegaskan untuk terus menggandeng putra-putri Indonesia untuk bekerja di perusahaan ini. Saat ini, sudah ada sekitar 450 orang lokal yang bekerja di MOL Indonesia. Jumlah ini akan terus bertambah di masa mendatang.

“Kami melihat SDM Indonesia itu tekun dan rajin, sehingga jumlahnya akan terus kami tambah di masa depan. Kami juga bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi pelayaran di sini untuk menyiapkan SDM terbaik. Bersama STIP kami membuat MOL Academy,” tambahnya.

Hubungan antara MOL dan Indonesia mempunyai sejarah yang panjang dimulai di bidang pengangkutan untuk kontainer, LNG, dan batu bara. MOL mendirikan kantor representative di Jakarta dan pada tahun 1986 dengan membentuk perusahaan kerjasama manajemen kapal yang melayani pengangkut.

Grup MOL terus menerus mengembangkan jangkauan operasi bisnisnya di Indonesia. Pentingnya Indonesia terhadap Grup MOL menjadi semakin kuat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi negara dengan terus berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan  yang beragam.

Untuk itu, MOL juga aktif megembangkan bisnis logistik seperti pengangkutan kendaraan jadi oleh kapal khusus pengangkut mobil, pengangkutan minyak mentah, produk minyak bumi dan bahan kimia oleh kapal tanker, pengangkutan bahan kertas dan bahan baja oleh bulkers, termasuk pengangkutan melalui udara dan layanan bea cukai.

Ia menambahkan MOL Indonesia juga tidak hanya ikut serta di bidang transport, tetapi juga berpartisipasi di proyek gas kelistrikan menggunakan FSRU dalam menyediakan pembangkit listrik termal di Jawa Barat yang akan beroperasi pada tahun 2021. “Ini merupakan suatu kehormatan besar bagi kami dapat terlibat dalam bisnis yang secara langsung terkait dengan pembangunan bangsa,”ujar Ikeda.

Saat ini, ada tiga kapal yang beroperasi di Indonesia. Dalam waktu dekat MOL akan menambah tiga kapal lagi. Dan, dalam jangka panjang menambah empat kapal lagi.








To Top