Lifestyle & Entertainment

Suksesi Kepemimpinan, Disney Masuk Masa Transisi

The Walt Disney Company saat ini masuk dalam masa transisi setelah CEO mereka Bob Iger akan mengundurkan diri. Posisi Bob Iger akan digantikan oleh Bob Chapek yang sebelumnya menjabat sebagai Chairman of Disney Parks, Experiences and Products.

Bob Iger akan masih menjabat sebagai Executive Chairman dan akan mengarahkan sisi kreatif Disney selagi memastikan masa transisi berlangsung mulus pada akhir masa kontrak di 31 Desember 2021 mendatang.

“Dengan suksesnya peluncuran model bisnis direct-to-consumer Disney dan integrasi Twenty-First Century Fox berjalan dengan baik, saya percaya ini adalah waktu yang tepat untuk transisi ke CEO baru,” kata Bob Iger.

Bob Iger sudah menjabat sebagai CEO Disney selama 15 tahun sejak tahun 2005 lalu. Di bawah kepemimpinannya, Walt Disney berubah menjadi perusahaan hiburan terbesar di seluruh dunia.

Pada masanya Bob Iger berhasil mengakuisisi beberapa perusahaan seperti Pixar, Marvel, Lucasfilm, dan Twenty-First Century Fox sebagai bagian keluarga besar Disney. Iger juga berhasil meningkatkan kapitalisasi pasar Disney sebanyak lima kali lipat.

Sebelum menunjuk Bob Chapek sebagai CEO baru, Disney telah melakukan serangkaian seleksi kandidat eksternal dan internal. Bob Chapek telah menjabat sebagai Chairman of Disney Parks, Experiences and Products sejak tahun 2018. Sebelumnya ia juga menjabat sebagai Chairman of Walt Disney Parks and Resorts sejak 2015.

Bob Chapek bertanggung jawab atas suksesnya pembukaan Disney Resort di Shanghai serta pembukaan wahana Star Wars: Galaxy’s Edge di Disneyland. Ia juga berhasil melakukan ekspansi untuk produk Disney Cruise Line dengan pembangunan tiga kapal baru.

“Saya merasa sangat terhormat dan dengan rendah hati mengambil peran sebagai CEO dari perusahaan terbesar di dunia untuk memimpin seluruh talenta yang sangat berbakat dan berdedikasi,” tutup Bob Chapek.

MARKETEERS X








To Top