Technology

Super Ecosystem Tokopedia Kini Rambah Yogyakarta

Tokopedia menjalin kemitraan strategis bersama Pemerintah Kota Yogyakarta dalam program pengembangan ekonomi digital dan pelayanan publik. Kolaborasi ini nantinya menghadirkan kemudahan bagi masyarakat Yogyakarta untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Yogyakarta, serta melakukan pembelian tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta melalui Tokopedia.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan bahwa Tokopedia terus berupaya bertransformasi menjadi Super Ecosystem. Salh satu caranya adalah berkolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah, dalam upaya mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital.

“Harapannya, masyarakat Yogyakarta bisa mendapatkan akses terhadap layanan publik secara lebih mudah, sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian digital daerah dengan memulai dan menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi,” tambah Astri seperti dikutip dari keterangan resmi Tokopedia.

Hingga saat ini, Tokopedia telah menjadi rumah bagi jutaan penjual di mana 86,5 persen di antaranya adalah pebisnis baru. Melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, Tokopedia akan mendukung pegiat UMKM Kota Yogyakarta lewat pelatihan dan pemberdayaan untuk memulai dan mengembangkan bisnis memperluas pemasaran produk mereka melalui ekosistem Tokopedia. Pelatihan ini dilaksanakan demi mempersiapkan para pegiat UMKM untuk bersaing dan berkontribusi lebih terhadap perekonomian di era digital, baik melalui ranah offline maupun online.

Sementara itu, menurut Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kerja sama dengan Tokopedia merupakan komitmen untuk terus mengembangkan UMKM dan pelayanan publik melalui platform teknologi. “Diharapkan kerja sama ini mampu memperkuat daya saing UMKM Kota Yogyakarta di era digital dan menghasilkan inovasi bagi berbagai layanan publik yang semakin mudah diakses masyarakat Kota Yogyakarta,” tuturnya.

Saat ini, Tokopedia mengklaim sudah memiliki lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X








To Top