Technology

Surge Cari Dua Hal Ini dalam Startup

Sumber: Surge

Ekosistem startup di Indonesia tumbuh pesat didukung dengan kehadiran perkembangan teknologi. Hal ini diprediksi akan terus bergerak pesat hingga tahun 2025. Dan ekonomi internet Indonesia diperkirakan mencapai US$ 130 miliar. Jika dilihat saat ini, perekonomian internet Indonesia sendiri telah tumbuh empat kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2015. Hal itu tampak dai hasil riset gabungan Temasek, Google, dan Bain di tahun 2019.

Memanfaatkan perkembangan yang ada saat ini, Surge, program pengembangan early stage startup dari Sequoia India mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk Surge 03 2020. Dirancang dengan konsep open architectur, Surge diharapkan mampu mendukung investor lain dalam putaran pendanaan. Dalam Surge 02 2019, 80% startup bahkan meiliki co-investor di putaran pendanaan Surge.

Program Surge berlangsung selama empat bulan di mana para founder dari 15-20 startup akan mengikuti program selama seminggu setiap bulannya. Dari para pendaftar program ini, Managing Director Surge di Sequoia Capital Rajan Anandan mengungkapkan bahwa mencari dua faktor penting yang harus dimiliki suatu startup. Berikut merupakan wawancara bersama Rajan di Private Luncheon Tech in Asia Conference, JCC.

Menurut Surge, apa yang membuat perkembangan startup di Indonesia menarik?

“Tingkat adopsi internet mobile yang tinggi memungkinkan perusaahaan berinteraksi dengan konsumen dalam ekonomi yang besar dan berkembang pesat. Dan ada begitu banyak peluang di setiap industri. Selain itu, ada banyak permsalahan yang bisa dipecahkan lewat teknologi dan startup inovatif.”

Apa yang masih menjadi kesulitan utama dari startup yang masih dalam tahap perintisan di Indonesia?

Pendanaan masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh startup. Selain itu, merekrut talenta yang tepat juga menjadi tantangan, terutama di Asia Tenggara. Beberapa posisi yang sulit terisi antara lain digital marketing, tim operasional, penjualan. Tidak hanya sulit untuk mencari para engineer tetapi juga staf yang benar-benar membantu dari dalam.

Apa yang sebenarnya ingin dicapai oleh Surge dengan adanya program ini?

Setiap startup tentu tidak sempurna. Karena itu, kami ingin berbagi. Memberikan input perbaikan di berbagai sektor yang dianggap masih kurang. Di sini kami menawarkan network yang bagus bagi startup yang baru saja memulai. Terlihat dari hubungan baik kami dengan perusahaan besar. untuk di Indonesia sendiri, ada Gojek, Tokopedia, dan Traveloka . Banyak hal yang bisa diambil dan dipelajari dari mereka.

Kami ingin membangun platform terbuka di mana perusahaan lain bisa ikut terlibat dan berinvestasi. Karena, kami yakin jika Anda ingin membangun perusahaan hebat, Anda harus mendatangkan investor yang tepat. Surge dan Sequoia mungkin menjadi salah satu di antaranya. Tapi, kami tetap ingin memberi peluang kepada perusahaan lain untuk terlibat dalam pembangunan perusahaan-perusahaan yang tengah dirintis.

Apa yang sebenarnya dicari oleh Surge dari sebuah startup?

Kami mencari perusahaan yang potensial untuk bergabung dengan dua faktor penting yang perlu diperhatikan. Pertama, startup tersebut memiliki founder yang hebat. Dalam hal ini bisa dijelaskan bahwa pemimpin atau pendiri perusahaan tersebut punya target atau visi yang sejalan dengan kami. Karena, dengan pemimpin yang hebat, perusahaan tersebut nantinya dapat berkembang dengan baik. Kedua, segmen industri yang digeluti perusahaan tersebut luas. Dengan demikian, masih banyak peluang untuk berkembang dan maju.

Kopi Kenangan menjadi salah satu perusahaan yang bergabung dalam ekosistem Surge. Apakah dua faktor tersebut sejak awal sudah terlihat di Kopi Kenangan?

Saya harus mengatakan ya. Karena, seperti yang bisa Anda lihat saat ini, Kopi kenangan terus berkembang. Mereka punya teknologi dan visi yang kuat. Dua hal tersebut menjadi penting dalam pengembangan bisnis. Kopi Kenangan memiliki founder yang sangat fokus untuk mengembangkan bisnisnya. Dan, dari segmen industri sendiri, coffee shop di Indonesia kita semua bisa melihat bahwa kopi telah menjadi budaya yang digemari oleh orang Indonesia. Kopi sangat besar di sini.

Setelah tiga unicorn Indonesia dalam ekosistem Surge (Tokopedia, Gojek, dan Traveloka), apakah ada peluang untuk startup lainnya menyusul?

Tentu saja. Kami terus berusaha membantu mereka yang tergabung dalam ekosistem ini. Dengan apa yang kami miliki, mulai dari pendanaan hingga mentoring yang langsung dilakukan oleh para pengusaha yang memang sudah dikenal secara global.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top