Survei Populix: 54% Masyarakat Sulit Jaga Konsistensi Pola Makan Sehat

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
12 September 2022
marketeers article
Sumber: Populix
Menjaga kesehatan jasmani untuk mencegah penyakit menyerang dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti menjaga pola hidup sehat, makan secara teratur, memastikan asupan dan gizi yang seimbang, hingga berolahraga. 
Belum lama ini, Populix membagikan laporan survei bertajuk “Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle” yang mengupas pola konsumsi dan perilaku diet di kalangan masyarakat Indonesia. Eileen Kamtawijoyo, Co-Founder dan COO Populix mengungkapkan hampir enam dari sepuluh orang di Indonesia kini lebih memperhatikan kesehatan mereka melalui makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup sehari-hari. 
Mayoritas di antaranya memperhatikan asupan kalori dan berolahraga untuk menjaga pola hidup yang sehat.
“Kendati demikian, sebagian besar responden mengaku mereka sering menghadapi tantangan dalam menjaga komitmen untuk tetap konsisten melakukan pola makan sehat. Untuk menyikapi hal tersebut, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan berlangganan katering atau membeli makanan dari brand yang memang menyediakan asupan sehat yang sesuai dengan kebutuhan diet masyarakat,” kata Eileen.
Survei Populix menemukan 46% masyarakat Indonesia, terutama laki-laki yang berusia 36 tahun ke atas kini lebih memperhatikan asupan kalori yang dikonsumsi. Sementara itu, 11% responden, terutama responden perempuan lebih memiliki untuk mengikuti program diet guna menjaga dan menurunkan berat badan.
Lebih lanjut, 55% masyarakat mengungkap mereka mengonsumsi serat dan vitamin secara teratur untuk memastikan asupan yang sehat. Selain itu, empat dari sepuluh masyarakat Indonesia juga meningkatkan konsumsi protein, memastikan nutrisi seimbang, dan mengonsumsi minuman sehat. 
Mereka juga menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet ataupun perisa buatan, dan lebih memiliki untuk mengonsumsi makanan berkalori rendah. Survei turut menunjukkan untuk mendukung pola diet, 53% masyarakat Indonesia berolahraga. 
45% masyarakat juga menjaga makanan dengan memilih untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Sebanyak 44% masyarakat lebih memilih untuk mengurangi konsumsi gula, dan 39% memilih untuk membatasi konsumsi gorengan.
Hasil dari survei tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebiasaan makan sehat sudah cukup tinggi. Namun demikian, masih terdapat 43% responden yang belum memiliki kesadaran dalam menjaga pola konsumsi mereka sehari-hari dengan 54% masyarakat mengatakan mereka sulit menjaga konsistensi.
Lalu, sebanyak 46% masyarakat sulit menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat. Selain itu, sebanyak 39% masyarakat Indonesia juga merasakan tantangan dalam menghitung kalori makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related