Government & Public Services

Susi Pudjiastuti: Pantai Tanjung Lesung Sudah Pulih

Beberapa waktu lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti berkunjung ke Kawasan Ekonomoi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Hadir sebagai Pandu Laut Nusantara, Susi ditemani oleh Direktur Operasional KEK Tanjung Lesung Kunto Wijoyo. Sepanjang pemantauannya, KEK Tanjung Lesung telah menunjukkan kondisi yang membaik setelah hancur akibat terjangan tsunami pada 22 Desember 2018.

Kondisi ini tak lepas dari upaya pembenahan yang dilakukan oleh para pengelola KEK Tanjung Lesung. Tujuannya agar Tanjung Lesung cepat pulih dan kembali dibuka untuk publik. Saat ini, KEK Tanjung Lesung dikelola oleh PT Banten West Java yang merupakan salah satu anak perusahaan dari perusahaan pengembang kota, Jababeka Group.

Saat ini Jababeka Group sudah memiliki empat pengembangan kota, yaitu Kota Jababeka-Cikarang, KEK Tanjung Lesung, KEK Morotai, dan Kendal Industrial Park. Dan Jababeka Group membuka peluang kerja sama kepada berbagai pihak untuk membangun kota-kota baru di Indonesia.

“Kami tidak berlarut-larut dalam kesedihan saat itu. Perbaikan besar-besaran langsung kami lakukan. Hingga per-Januari 2019 Tanjung Lesung sudah aman untuk dikunjungi lagi,“ kata Kunto Wijoyo, di Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang-Banten.

Selain itu, dari segi keamanan KEK Tanjung Lesung juga meningkatkan standarnya demi kenyamanan wisatawan. Salah satunya dengan memasang teknologi pendeteksi dini tsunami, yaitu WERA Ocean Radar. Jika ada gempa yang berpotensi tsunami akan langsung terdeteksi oleh alat tersebut, sehingga pengunjung bisa dievakuasi sebelum tsunami datang.

“Dari perbaikan yang kami lakukan, okupansi wisatawan setiap bulannya pun mulai membaik dan sekarang sudah kembali normal. Sudah banyak wisatawan, baik pribadi maupun korporasi yang mempercayakan liburan atau gathering perusahaan ke Tanjung Lesung,” lapor Kunto Wijoyo.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Susi. Susi merasa KEK Tanjung Lesung sudah aman. Ia yakin bahwa pantai ini bisa menjadi salah satu tempat liburan favorit masyarakat. Selain menyisir kawasan pantai, Susi juga menyempatkan diri bermain paddling sambil menikmati sunset di Pantai Bodur, salah satu pantai yang dikelola KEK Tanjung Lesung.

“Sunset di sini sungguh luar biasa. Mataharinya besar, sangat jernih dan paddling di sini sangat enak. Ayo kunjungi Pantai Bodur di Tanjung Lesung,” ajak Susi.

Susi juga mengimbau untuk para wisatawan untuk tidak membawa sampah ke sini. Di kesempatan yang sama, Susi mengibahkan lima kapal kepada nelayan yang membutuhkan.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top