Automotive

Suzuki: Tahun 2020, Minat Konsumen Terhadap Produk SUV Masih Tinggi

Foto: Autocar India

Persaingan di pasar otomotif nasional masih terasa panas. Bukan hanya semakin banyak pemain di dalamnya, persaingan dari sisi segmentasi juga kian padat. Salah satu segmen yang masih akan diminati oleh konsumen dan pelaku industri adalah segmen mobil sport utility vehicle (SUV). Hal ini diungkapkan oleh Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

“Sama seperti tren di global, minat konsumen tahun ini masih di mobil SUV. Hal ini dipicu oleh banyak kondisi, mulai dari geografis, kondisi jalan, hingga selera,” ujar Makmur saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Berbicara soal selera, SUV yang dimaksud Makmur bukanlah mobil kekar berpenggerak 4×4. Orang Indonesia dinilai lebih menyukai SUV yang sudah dimodifikasi, bukan real jeep. Tetapi, mobil yang lebih nyaman, memiliki kapasitas tujuh penumpang, ground clearance tinggi, dan desain yang stylish.

Melihat kenyataan ini, Suzuki kembali meramaikan segmen SUV. Dari undangan yang diterima redaksi Marketeers, Suzuki telah akan meluncurkan mobil SUV pada 15 Februari mendatang. Dan, kemungkinan besar produk tersebut adalah XL7.

“XL 7 ini menjadi segmen berbeda dengan Ertiga. Kami menjual produk bukan hanya berdasarkan nilai merek tetapi value for money. Dengan pendekatan ini, produk Suzuki menjanjikan masa depan konsumen bersama produk pilihan mereka,” lanjut Makmur.

Misalnya pada produk Ertiga yang menggunakan penggerak roda depan. Teknologi ini digunakan karena dinilai lebih efisien, kabin lebih nyaman karena suara yang dihasilkan dari roda tidak berisik.

“Tahun ini, kami membidik pangsa pasar hingga 12%. Sepanjang tahun 2019, kami berhasil menjaga pangsa pasar Suzuki di angka 9,9%,” pungkas Makmur.

MARKETEERS X








To Top