Career

Tahun 2020, Gaji Karyawan di Indonesia Diprediksi Naik 7,6%

Ilustrasi: 123RF
Kenaikan gaji selalu dinanti oleh para pekerja di kebanyakan tempat. Biasanya, awal tahun menjadi momentum untuk menunggu kenaikan gaji. Kenaikannya pun beragam, meski biasanya mengikuti kenaikan angka inflasi di negara tersebut. Bagaimana dengan tahun ini di Indonesia?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Mercer baru saja mengumumkan hasil studi yang bertajuk “Total Remuneration Survey 2019”. Studi tahunan ini mempelajari tren remunerasi serta membuat prediksi perekrutan dan kenaikan gaji karyawan untuk tahun 2020.
Berdasarkan studi tersebut, kenaikan gaji karyawan di industri-industri utama pada tahun 2020 diprediksi sebesar 7,6%, dan tingkat inflasi juga diprediksi meningkat menjadi 3,3% (dari 2,9% pada tahun 2019). Jika prediksi ini benar, artinya peningkatan kemampuan konsumsi para pekerja di Indonesia masih lebih besar ketimbang kenaikan harga barang konsumsi secara rata-rata.
Prediksi ini dibuat berdasarkan partisipasi 569 perusahaan lintas industri di Indonesia (jumlahnya telah bertambah dari 545 perusahaan tahun lalu). Selain itu, Mercer juga melakukan survei rutin untuk mengetahui dampak dari perubahan iklim bisnis yang terjadi dengan cepat, kompensasi, dan tren ketenagakerjaan.
Apa kamu sudah dapat pencerahan berapa besar kenaikan gaji tahun ini?
Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top