Automotive

Tahun 2020, Mercedes-Benz Siap Hadirkan SUV Kompak

Foto: Car and Driver

Mercedes-Benz secara resmi memperkenalkan GLB class. Dari namanya dapat diketahui bahwa mobil ini merupakan jenis SUV baru dari pabrikan Jerman tersebut. Kehadiran GLB mengisi kekosongan antara GLA dan GLC yang sudah lebih dulu meluncur. Walaupun GLB bukan merupakan SUV tangguh seperti G Class namun GLB digadang sebagai ‘adik’ dari G Class. Hal tersebut dapat terlihat dari bentuknya yang lebih mengkotak dibanding GLA dan GLC serta fitur yang menunjang kegiatan off-road.

GLB memiliki interior selayaknya Mercy kekinian yang futuristik dengan berlimpah fitur. Dua layar besar menjadi andalan Mercedes-Benz untuk SUV terbarunya ini. Selain itu, entertainment system terbaru dari Mercedes-Benz yakni MBUX juga sudah hadir dengan fitur voice command yang lebih sempurna.

Fitur semi otonom tertanam di mobil ini di antaranya seperti self parking, lane change assistant dengan active steering assist, hill start assist, dan multibeam LED. Multibeam LED merupakan fitur satu-satunya yang terdapat di GLB namun tidak ada di mobil berukuran kompak di Mercy lain. Fitur ini berfungsi untuk mempermudah saat melihat objek atau benda di jalan off-road dalam kegelapan.

Berpindah ke mesin, Mercedes-Benz GLB 2020 hadir dalam dua pilihan mesin bensin dan tiga pilihan mesin diesel. Kedua pilihan mesin bensin tersebut adalah GLB 200 yang dibekali dengan mesin 1.332 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 163 hp dan torsi 250 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7G-DCT. Sedangkan GLB 250 4Matic dipersenjatai dengan mesin 1.991 cc dengan output tenaga 224 hp serta torsi 350 Nm yang disalurkan keempat roda melalui transmisi otomatis 8G-DCT.

Sedangkan untuk varian diesel terdapat GLB 200d, GLB 200d 4Matic, dan GLB 220d 4Matic. Varian GLB 220d dan GLB 220d 4Matic menggunakan mesin yang sama dengan output dan transmisi yang sama. Perbedaan antara keduanya ialah penggerak rodanya, GLB 200d memiliki penggerak roda depan sedangkan GLB 200d 4Matic memiliki penggerak empat roda.

Varian tertinggi dari mesin diesel yakni GLB 220d 4Matic dibekali dengan mesin 1.951cc yang mampu menyemburkan tenaga 190 hp dengan torsi maksimal sebesar 400 Nm.

Di Indonesia sendiri nantinya GLB akan berhadapan langsung dengan rivalnya yakni Land Rover Discovery Sport, VW Tiguan, dan Peugeot 5008. Sayangnya Mercedes-Benz hingga saat ini belum mengumumkan harga resmi dari SUV tujuh penumpang terbarunya ini.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top